Rabu, 31 Juli 2013

Pengobatan Benjolan Tiroid Tanpa Operasi: Iodium Radioaktif

Benjolan di leher seringkali ditemukan pada kelenjar tiroid. Benjolan di tiroid harus dipastikan bahwa benjolan tersebut bukanlah keganasan. Dibutuhkan pemeriksaan USG tiroid, hormon tiroid, serta konfirmasi dengan biopsi untuk memastikan bahwa benjolan di tiroid tersebut bukanlah keganasan. Thyroid scan diperlukan pada saat ditemukan benjolan dengan kadar TSHs di dalam darah yang rendah. Thyroid scan tersebut berguna dalam menentukan apakah benjolan tersebut "dingin" atau "panas". Pada benjolan yang "dingin" terdapat kemungkinan ganas sekitar 15-20%. Walaupun sebagian besar benjolan "dingin" adalah jinak, namun tetap harus dikonfirmasi dengan biopsi untuk memastikan bahwa benjolan tersebut tidak ganas. Sedangkan pada benjolan yang "panas", maka kemungkinan  adanya keganasan kurang dari 1%. Pengobatan terpilih untuk benjolan "panas" ini adalah dengan menggunakan iodium radioaktif.
Sedangkan pada benjolan "dingin" yang jinak, maka dapat diberikan pengobatan operasi, hormon tiroid, atau iodium radioaktif.
Berdasarkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa pengobatan iodium radioaktif dapat mengurangi volume tiroid hingga mencapai 40% dalam waktu 1 tahun dan mencapai 60% dalam waktu 5 tahun. Efek samping yang dapat terjadi adalah tiroiditis dan hipotiroid. Hipotiroid adalah suatu keadaan dimana tubuh kekurangan hormon tiroid akibat rusaknya kelenjar tiroid setelah radiasi. Angka kejadian dari pasien yang mengalami hipotiroid ini mencapai 30% setelah diberikan iodium radioaktif. Namun tidak dapat diperdiksinkapan hipotiroid ini akan muncul. Angka kekambuhan darinpengobatan iodium radioaktif untuk bejolan tiroid yang jinak ini dapat mencapai 10% dalam waktu 8 tahun. Terdapat kemungkinan yang sangat kecil terjadinya keganasan pada pasien yang diberikan pengobatan iodium radioaktif, walaupun pada kenyataanya tidak pernah ditemukan hal ini terjadi.

156 komentar:

  1. saya sudah diradiasi tgl 30 januari 2013, efek yg saya rasa adalah panas yg terasa dari dalam tubuh seperti panas dalam, tetapi kalau diukur suhu tubuh saya normal. kadang-kadang masih tremor, saat dilakukan radiasi yodium tiroglobulin saya 280, t4 16,5 dan tsh juga tinggi. agustus nanti harus cek lab lagi; apakah ada kemungkinan menjadi ganas mengingat mata sy juga bermasalah. sebelum diradiasi sy selalu gemetaran



    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya saya mau bertanya dahulu, apa indikasi anda diberikan iodium radioaktif? Apakah karena hipertiroid (gondok beracun) atau karena keganasan tiroid?

      Hapus
    2. diagnosis : graves disease, pemeriksaan thyroid scan dgn radiofarmaka Tc-99m pertechnetate dgn hasil: ukuran tiroid kanan dan kiri membesar terutama kanan; tangkapan aktifitas kedua lobus thyiroid merata dan sangat tinggi; thyroid uptake total 22.8% (N1-5%). kesimpulan : struma difusi bilateral dgn tiroid uptake total sangat meningkat. kemudian diberi terapi I-131 sebanyak 5 mCi. Dok riwayat dalam keluarga saya 2 saudara laki-laki sy meninggal karena kanker nasofaring, 1 kakak perempuan menderita kanker sejak tahun 87 awalnya kanker payudara, sembuh, tahun 2005 rahimnya diangkat karena kanker dan tahun 2010 kanker nasofaring sampai sekarang. 1 kakak perempuan lagi sudah operasi gondok dan sembuh. Dok mengingat kondisi sy yang sangat buruk sebelum terapi, apakah ada kemungkinan tiroid sy menjadi ganas? berat badan sy sempat hanya 38-42 kg. setelah hampir 5 bulan terapi sekarang sudah 45 kg, tetapi sy lebih mudah merasa letih, kadang-kadang masih berdebar-debar. mata kadang-kadang menjadi kabur. terima kasih tanggapannya.

      Hapus
    3. Pada hipertiroid biasa dojter spesialis kedokteran nuklir memberikan iodium radioaktif dengan dosis aktivitas yg sangat kecil, sehingga risiko untuk menyebabkan keganasan atau kanker sangat kecil. Jadi masih dalam batas aman untuk oemberian dosis aktivitas iodium radioaktif untuk hipertiroid maupun kanker tiroid. Risiko terjadinya kanker akan meningkat bila seseorang terpapar oleh radiasi dalam dosis aktivitas yang sangat besar, seperti yang terjadi di Fukushima, Jepang pada tahu 2011. Tapi bila melihat riwayat keluarga anda, risiko untuk terjadinya kanker cukup tinggi. Jadi tidak ada salahnya untuk melakukan checkup rutin untuk deteksi dini kanker. Semakin awal terdeteksi semakin baik prognosis dari pengobatan kanker tersebut. Untuk, keluhan hipeetiroid sebaiknya dilakukan kontrol rutin setiap 3 bulan dengan pemeriksaan TSHs dan fT4. Selain untuk mengantisipasi terjadinya hipotiroid, juga bisa diberikan terapi radioaktif lagi bila masih hipertiroid. Untuk mata, sebaiknya dikonsultasikan ke spesialis mata atau biasanya kalo saya bisa diberikan steroid untuk mengurangi keluhan mata. Demikian semoga dapatmenjawab.

      Hapus
  2. Terima kasih atas jawaban dokter.

    BalasHapus
  3. Dok di leher saya ada benjolan seukuran biji kacang tepat nya di samping jakun, benjolan ini tidak terlihat, hanya dapat terasa kalo diraba, bisa bergerak, agak nyeri kalo ditekan, dan lumayan mengganggu dalam proses menelan, napas pun jadi pendek dok....
    Saya lihat di google penjelasan nya serem serem dok, kira kira ini apa ya dok, berbahaya gak? Jujur saya cemas dengan kondisi saya :(

    BalasHapus
  4. Kalau terbukti ganas maka akan sangat berbahaya bila dibiarkan

    BalasHapus
  5. Pak dokter di leher saya ada benjolan cukup besar, saya pernah periksa di RS MW (swasta). Dokter hanya melihat benjolan dan disuruh seperti menelan, maka tampak gerakan benjolan naik turun. Dokter langsung bilang itu penyakit gondok. Harus operasi. Menurut informasi yang saya terima, mesti dilakukan periksa darah dahulu, periksa T2,T3,T4 untuk mengetahui jenisnya apa. Tapi dokter di RS tersebut langsung bilang kapan siap operasinya tanpa ada penjelasan apapun.
    Apa yang mesti saya lakukan dok ?Bisakah tanpa dioperasi benjolan bisa diobati dan bisa smbuh/hilang?
    Langsung operasi atau mesti diperiksa lab terlebih dahulu?
    Dimana saja RS Kedokteran Nuklir yang melayani pengobatan gondok
    Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Jika ada benjolan di tiroid sebaiknya dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan apakah benjolan tsb ganas atau tidak. Pemeriksaan yang perlu dilakukan adalah lab kadar tshs, usg tiroid, tiroid scan, utk konfirmasi dgn biopsi. Jika terbukti ganas, maka harus dioperasi. Jika jinak, bisa diberiksn obat atau radioaktif. Kedokteran nuklir di jakarta ada di siloam semanggi, rspad, dan rspp.

    BalasHapus
  7. Dok saya memiliki benjolan di thyroid kanan, disarankan oleh dokter saya langsung scanning thyroid setelah cek lab T3 T4 TSH dengan hasil dalam kisaran normal, tanpa melalui usg terlebih dahulu. menurut dokter bagaimana, apakah sebaiknya saya menjalaninya ataukah mencari second opinion? karena jujur saya takut akan bahaya radiasi,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya setuju dgn dokter ibu, tapi mungkin saya akan menambahlan pemeriksaan usg tiroid jg utk menilai bentuk dan karakteristik dari benjolan tiroidnya. Jika mencurigakan ke arah ganas, maka disarankan utk melakukan biopsi utk konfirmasi adanya keganasan tiroid.
      Tiroid scan dan hormon tiroid saya butuhkan untuk menilai fungsi kelenjar tiroid dan benjolannya. Sepertiga kasus hipertiroid dgn benjolan adalah keganasan,15-20% nodul hipofungsi adalah keganasan.
      Radiasi yg dipakai utk thyroid scan dan terapi tiroid dosisnya sangat rendah dan aman, sehingga tdk membahayakan psn, walaupun ttp ada risiko utk efek samping dan komplikasinya. Semua tindakan medis ada risiko efek samping dan komplikasi.

      Hapus
    2. Terima kasih Dok atas jawabannya.

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. dok di leher saya ada benjolan besar di kelenjar teroid, oleh dokter yng memeriksa sudah dilakukan usg teroid dan pemeriksaan lab, hasilnya t3 4.08 t4 lebih kecil 320.0 tsh/tsh3 lebih besar 0.05. dok apa saya bisa dilakukan pengobatan dengan tetes iodium nuklir ismiyati, madiun

    BalasHapus
  11. Pagi bu ismiyati,
    Mungkin yg dimaksud t4 lebih besar, dan tshs lebih rendah. Kalau benar seperti itu, adalah hipertiroid dan bisa diobati dengan iodium radioaktif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Slamat pgi dok... sya anggi , usia sya 26thn.sya mau tnya, jika mnjalan kan oprsi brpngaruh dgn pita suara nntinya. Trmaksh dok

      Hapus
    2. Slamat pgi dok... sya anggi , usia sya 26thn.sya mau tnya, jika mnjalan kan oprsi brpngaruh dgn pita suara nntinya. Trmaksh dok

      Hapus
    3. Selamat malam dokter,saya yani. Saya sudah ngalami sakit 4 bln,selama saya berobat ke dokter menanyakan keluhan saya,dan saya menjawab keluhan yg sering terjadi perut kadang perih dan neq ( terasa mual), bdn selalu lemas, gemeteran, dan napasnya ga teratur, radang. Dan dokter blg mah, jd di ksh obat mah. Akan tetapi obat hbsga ada perubahan.memasukki bln ke 3 saya sakit,saya berkunjung ke teman, dan tmn blg klo saya ituteroid, krn gejalanya sama dgn yg pernah dia alami. Dan awal bln ke 4 yaitu bln desember saya berobat di Rs. Advan Bandung. Dan hasil tes semua kelenjar teroidku bermasalah, yg sebelah kanan hiperaktif dan benjolan rata, sedangkan yg kiri kurang dr normal. Dr menyarankan saya untuk nuklir.
      Pertayaanya -berapa kira" biaya nuklir?
      - klo di jogja atau Magelang rs mana yg bisa nuklir?
      Terima ksh sebelumnya

      Hapus
    4. Selamat malam dokter,saya yani. Saya sudah ngalami sakit 4 bln,selama saya berobat ke dokter menanyakan keluhan saya,dan saya menjawab keluhan yg sering terjadi perut kadang perih dan neq ( terasa mual), bdn selalu lemas, gemeteran, dan napasnya ga teratur, radang. Dan dokter blg mah, jd di ksh obat mah. Akan tetapi obat hbsga ada perubahan.memasukki bln ke 3 saya sakit,saya berkunjung ke teman, dan tmn blg klo saya ituteroid, krn gejalanya sama dgn yg pernah dia alami. Dan awal bln ke 4 yaitu bln desember saya berobat di Rs. Advan Bandung. Dan hasil tes semua kelenjar teroidku bermasalah, yg sebelah kanan hiperaktif dan benjolan rata, sedangkan yg kiri kurang dr normal. Dr menyarankan saya untuk nuklir.
      Pertayaanya -berapa kira" biaya nuklir?
      - klo di jogja atau Magelang rs mana yg bisa nuklir?
      Terima ksh sebelumnya

      Hapus
  12. iya dok trimakasih, rencana saya mau berobat ke bandung minggu2 ini ,,

    BalasHapus
  13. Maaf dok.. sy menderita penyakit gondok dri thn 2008 kira2 brp lma pengobatan untuk hipertiroid melalui obat biasa.. trs aman gak jika minum thyrozol 5mg 1/hari tanpa resep dokter, soalnya udah bosen berobat kelamaan :)

    BalasHapus
  14. Penderita hipertiroid sebaiknya rutin diperiksakan kadar hormon tiroidnya setiap 3-6 bulan selama 2 tahun pertama. Setelah 2 tahun, psn yg mengkonsumsi thyrozol atau ptu harus dicarikan alternatif pengobatan yg lain jika masih hipertiroid. Hal yg harus diperhatikan saat mengkonsumsi ptu atau thyrozol adalah gangguan fungsi hati.

    BalasHapus
  15. dok mau tanya kalau kelenjar teroidnya di leher terkena dua duanya apa ada cara untuk mengatasi selain di operasi?

    BalasHapus
  16. Kalau benjolannya kista bisa diaspirasi atau disedot, tapi itu gak akan menyelesaikan masalah. Larena biasanya akan kambuh lagi. Lalu ada pilihan lain dengan menyuntikkan ethanol agar tidak kambuh lagi, ini bisa dilakukan oleh spesialis endokrin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dr Ryan, saya kusuma berumur 34th, wanita. Terdapat benjolan dileher kiri saya, jika sy menelan, akan ikut bergerak naik turun. Dr hsl usg dinyatakan itu kista nodulus dextra dg uk 2,6x1,7cm. Hsl tes lab hormon tiroid saya dlm batas normal. Dokter onkologi menyarankan operasi pengambilan kelenjar tiroid sebelah kiri saya untuk di periksa pa nya. Apkh saya hrs operasi, atau ada kemunungkinan pengobatan cara lain. Mohon jawaban nya dokter. Terima kasih

      Hapus
  17. Dok bila mendapat Rai di bandung sbnyk 20 ml dan di larang bertemu dgn anak sy slm 3 hr jika setelah itu apakah aman jika bertemu anak sy dan berinteraksi jarak dekat bahkan tidur sekamar 1 tmpt tidur ?.thk

    BalasHapus
  18. Dok bila mendapat Rai di bandung sbnyk 20 ml dan di larang bertemu dgn anak sy slm 3 hr jika setelah itu apakah aman jika bertemu anak sy dan berinteraksi jarak dekat bahkan tidur sekamar 1 tmpt tidur ?.thk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya tetap jaga jarak sampai 3 - 5 hari setelah ablasi.

      Hapus
  19. Kl barang2nya anak tersentuh tidak apa2?kl suami y menemani tidak kena dampak khan?
    Jd stl 5hr dapat rai sdh bolrh gendong anak??

    BalasHapus
  20. Stl menerima rai gusinya sakit ada apa ya?bahaya tidak?trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada hubungannya dengan sakit di gusi, mungkin gusinya ada infeksi.

      Hapus
    2. Berarti sudah aman ya dok .klo selama blon ada 5 hari apakah brg2nya harus di sendirikan dulu dok bisakah radiasi nya lewat brg yg di pake semisal baju atau tempat yg di tempati?Terima kasih

      Hapus
  21. Brg2 yg di pakai pd saat sblm 5 hari atau kamar yg di pakai sebelum 5 hari batas aman apakah bisa menyalurkan radiasi dok ?semisal blon 5 hari sy tidur di kamar yg biasa di pake dgn anak sy ,sy msh bingung soal ini dok ?Terima kasih sblmnya

    BalasHapus
  22. Regulasi di setiap negara memang berbeda2 soal proteksi radiasi ini. Tapi di negara kita batas dosis yang diijinkan untuk boleh diberikan rawat jalan adalah maksimal 30 mCi. Dibawah dosis itu pasien masih dapat berinteraksi dengan orang lain seperti biasa, hanya saja memang ada perhatian khusus untuk aktivitas sehari-hari selama 3-5 hari. Setelah itu pasien dapat berkaktivitas seperti biasnya.

    BalasHapus
  23. Dokter, kadar TSH3 saya <0,005 FT4 saya 4,02 dan Anti TPO positif dgn konsentrasi 1.019,16. Hasil USG struma diffusa toksik. Sudah mengkonsumsi PTU selama 2 bulan. Setelah itu saya konsul sama spesialis endokrindan diberika tyrozol sama ethyrax 1 x sehari. Apa saya harus konsumsi obat 1 tahun dulu baru bisa terapi radioaktif dok? Dan mana yg lebih bagus terapi dgn PTU atau tyrozol? Saya susi dr sumbar, Umur saya baru 31 tahun. Terima kasih dok atas penjelasannya.

    BalasHapus
  24. Sepertinya ibu positif menderita Graves disease, pengobatannya ada 3 macam yaitu obat (PTU dan thyrozol), operasi, atau iodium radioaktif. Pilihan obat tersebut diserahkan pada pasien. Karena ibu dtg pertama kali ke ahli endokrin maka diberikan obat sebagai penanganan pertama. Kalau ibu datang pertama kali ke ahli kedokteran nuklir seperti saya pasti akan langsung disarankan diobati dengan iodium radioaktif, begitu jg dgn operasi oleh ahli bedah.
    Semua jenis pengobatan tersebut baik, hanya pilihlah yang jarang menyebabkan kekambuhan dan aman dgn risiko rendah. Di amerika serikat, hampir semua dokternya memberikan iodium radioaktif pada penderita hipertiroid, karena gak mau psnnya kelamaan hipertiroid dan sering kambuh. Jadi ibu tidak perlu menunggu hingga 1 tahun, jika memang PTU atau thyrozol sudah tidak efektif lagi atau mengalami kekambuhan.
    Antara PTU dan thyrozol, lebih sedikit dan ringan efek samping dari thyrozol, tapi tetap memiliki risiko intuk terjadi efek samping.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dokter prakteknya tiap hari apa dan jam berapa? Saya rencana mau ke jakarta pertengahan januari, kira-kira pmeriksaan apa saja yg harus saya jalani sebelum terapi dgn iodium radioaktif? Mengingat jarak saya yg jauh dan waktu saya yang singkat di jkt

      Hapus
  25. Apa aman menemani pasien yang akan ablasi dengan radioaktif nuklir dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung dari dosis, kalau dosisnya di atas 30 mCi harus diisolasi sampai paparan radiasinya turun.

      Hapus
  26. Berapa lama diisolasi dok agar paparan radiasinya turun? Setelah radiasinya turun, sudah pasti aman ​ya dok sekalipun berdekatan dalam satu mobil setelah proses ablasi nuklir? Terima kasih ya dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya antara 2-5 hari, tergantung dari kemampuan pasien menurunkan paparan radiasi. Paparan radiasi turun terutama melalui BAB dan BAK, jd harus banyak makan dan minum. Setrlah beberapa hari pulang tetap hatus jaga jarak dgn ibu hamil dan anak kecil. Tidak masalah dgn org dewasa.

      Hapus
    2. Oke dok, jadi selama 2-5 hari itu untuk menurunkan radiasi pasien akan dirawat di rumah sakit ya dok?

      Andaikan pasien tidak perlu dirawat dirumah sakit, berarti setelah pengobatan bisa langsung pulang dan aman dengan orang yang berada dalam satu mobil dalam perjalanan pulang dok?

      Hapus
  27. BTW dokter prakteknya di Jakarta, RS mana ya dok, . .boleh dong kasih info untuk referensi kita dok ter- terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. MRCCC Siloam Hospital Semanggi lantai 2, telpon 021-29962765

      Hapus
    2. Oke dok, jadi selama 2-5 hari itu untuk menurunkan radiasi pasien akan dirawat di rumah sakit ya dok?

      Andaikan pasien tidak perlu dirawat dirumah sakit, berarti setelah pengobatan bisa langsung pulang dan aman dengan orang yang berada dalam satu mobil dalam perjalanan pulang dok?

      Hapus
    3. Saya ada rencana mau menemani pasien yang akan abalasi nuklir, kemungkinan pasien akan pulang setelah proses ablasi. Apa aman untuk saya yang akan mengantarkan pulang dalam satu kendaraan mobil dok?

      Hapus
    4. Kalau pasiennya diijinkan pulang, biasanya sudah aman untuk paparan radiasinya. Hanya saja memang masih perlu jaga jarak dgn ibu hamil dan anak kecil selama 1-2 hari.

      Hapus
    5. Ok dok, kalo dlm satu kendaraan dgn pasien apa harus membiarkan jendela terbuka dan tanpa ac? Terimakasih dok

      Hapus
  28. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  29. Setiap hari bu senin sampai jumat, tp tgl 13 januari saya cuti. Kalau mau diterapi thyrozol stop dulu yah bu 1-2 hari sebelumnya.

    BalasHapus
  30. Prakteknya jam berapa dok dan terapi tsb butuh waktu berapa lama? Biar bisa saya kondisikan dengan kegiatan kantor. Satu lagi dok, estimasi biayanya sekitar berapa ya? Makasih dok......

    BalasHapus
  31. Praktek jam 8-17, kalau untuk terapi hipertiroid biasanya tidak sampai 1 hari selesai. Tapi psn disarankan puasa dulu 4-6 jam sebelum terapi. Biaya obatnya saja, kalau tidak salah sekitar 1.3jt.

    BalasHapus
  32. Dokter prakteknya tiap hari apa dan jam berapa? Saya rencana mau ke jakarta pertengahan januari, kira-kira pmeriksaan apa saja yg harus saya jalani sebelum terapi dgn iodium radioaktif? Mengingat jarak saya yg jauh dan waktu saya yang singkat di jkt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya praktek setiap senin sampai jumat jam 8-17, sabtu 9-12 dgn perjanjian. Sebelum terapi saya butuh hasil pemeriksaan lab T4 bebas dan TSHs serta tirood scan untuk penentuan dosis. Lama semua prosedur ini kurang lebih sekitar 2-3 jam.

      Hapus
  33. Ok dok, kalo dlm satu kendaraan dgn pasien apa harus membiarkan jendela terbuka dan tanpa ac? Dan apa boleh bersentuhan dengan pasien?Terimakasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak apa kalau memang terpaksa, tapi sebaiknya dikondisikan untuk menjaga jarak dulu sekitar 2-3 meter. Di dalam kendaraan kalau bisa duduk terpisah dulu selama di perjalanan. Tdk masalah jika bersentuhan dalam waktu singkat.

      Hapus
    2. Pasti saya dan pasien akan duduk bersebelahan karena saya yang akan mengendarai mobil dok,pasien akan duduk di sebelah kiri saya, apa aman untuk saya dok untuk duduk berdekatan selama kurang lebih 1.5 jam perjalanan pulang? Tidak akan ada dampak dari radiasi kan dok?

      Hapus
  34. Assalamualaikum ..
    Pak dokter.. saya sudah hampir 4thn sakit hupertiroid ..
    Apa dgn terapi nuklir bisa sembuh total dok ?? Lalu kira2 biaya buat terapi nuklir berapa dok?
    Terimakasih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikum salam, insya Allah bisa. Harga relatif murah, obatnya saja sekitar 1.5jt.

      Hapus
  35. Dok, Ibu saya usia 60tahun sudah menjalani pengangkatan tiroid sebelah kiri, dan dilanjutkan dengan terapi ablasi I-131, tetapi yang dikeluhkan sekarang adalah sesak nafas, pusing, nyeri dada, lemas, serta hasil rontgen menunjukan pengeroposan tulang dan saraf kejepit di daerah punggung. Apakah keluhan tersebut merupakan efek samping dari terapi? Apakah sebaiknya kami konsultasi ke dokter tulang?
    Mohon pencerahannya, dok. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan lebih lanjut lagi, jika perlu dilakukan wholr body scanning dan cek darah. Keluhan tersebut bisa karena dosis konsumsi obat hormon yg harus dikurangi. Nyeri pada tulang bisa diakibatkan dari penyakitnya.

      Hapus
  36. selamat malam dok...
    salam kenal dan mohon maaf sebelumnya apabila pertanyaan saya ada yg salah
    saya menderita hypothyroid sejak thn 2010, dalam 4 thn berat badan bertambah 10kg,
    cek lab bulan lalu ft4 normal 0,94 dan TSHs 16,89, sampai sekarang rutin minum euthyrax 1 tablet sehari
    keluhan utama adalah "weight gain", sudah olah raga, diet, dll tapi gak ngaruh sama sekali, yang ada malah nambah terus beratnya
    kata dokter gizi pengaruh dari hormon yang inbalance dari hypothroid tsb
    bagaimana ya dok u menanganinya?
    pernah baca di bukunya marry shomon, ada obat u hypothroid namanya "armour" dan "nature thyroid",
    di luar sana banyak sekali yang cocok u weight loss akibat hypothroid, benarkah?
    apakah obat tsb sudah masuk di indonesia?
    terima kasih ya dok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa bermanfaat, mungkin juga tidak karena saya tidak tau mengenai mekanisme obat tersebut. Sepanjang sepengetahuan saya, penanganan hipotiroid yang terbaik itu cuma satu, yaitu mengganti kebutuhan hormon tiroid dengan obat hormon tiroid sintetis.

      Hapus
  37. Dok, saya penderita tumor teroid , setelah operasi bulan februari kemarin , hasil lab setelah di operasi itu mengecewakan. Saya mau nanyak ni dok, biasa nya setelah operasi benjolan itu dapat muncul lagi ketika berapa tahun ?
    Soal nya pada umumnya ketika kita di operasi tidak menutup kemungkinan benjolan itu dapat muncul kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa yang dimaksud dengan "mengecewakan"? apakah hasilnya ganas? Kalau hasilnya ganas bisa muncul lagi bahkan menyebar ke organ lain. Oleh sebab itu, kalau hasil benjolannya ganas, maka kelenjar tiroidnya harus diangkat semua dan dilanjutkan terapi ablasi dengan radioaktif untuk membersihkan sisanya, supaya mengurangi risiko kekambuhan.

      Hapus
    2. Dok...saya kasusnya juga sama, hasilnya tumor ganas. Saat ini saya sdg menunggu jadwal operasi kedua untuk pengangkatan seluruh tiroid.Yang mau saya tanyakan minimal jeda waktu operasi pertama ke operasi kedua berapa lama. Saya sekarang sdh 3 bln dari operasi pertama, apakah tidak membahayakan jika saya masih dioperasi lagi 3 bln kedepan, menginat jadwal tunggu tersebut.

      Hapus
  38. Pak dokter saya mau tanya.. Saya kan hypertiroid sudah 12 bulan terapi ambil darah tiap bulan dan minum tyrozol 10 mg bulan lalu dokter saya ke bandung dihasan sadikin katanya ada penggunaan radioaktif saya mau dirujuk kesana kebetulan kampung saya juga disana.. Tapi saya khawatir dengan katanya kalau radioaktif 3 hari ga bisa ketemu orang saya jadi khawatir dengan harga nya dokter bisa saya tau perkiraanya karna saya dibali gabisa tau harga dan umur saya msh 19 tahun kira kira efeknya gimana ya ? Minta tolong dijawab terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru merespon juga, terapi radioaktif ini bisa diberikan pada usia berapa pun, tidak ada batasan usia, dan tidak mengganggu kesuburan. Untuk biaya relatif lebih murah (sekitar 1.5 juta).

      Hapus
  39. dok saya kista tyroid di leher sebelah kanan, dimensi 3x4 , tp tidak terlihat jika dr luar,kista tyroid sudah 3th lebih , sangat lambat tumbuhnya, apakah bisa dengan metode ini mengecilkan kista tyroid saya. dan berapa lama dengan berapa kali terapi

    BalasHapus
  40. Maaf baru merespon, mohon maaf ibu Misy terapi radioaktif tidak diindikasikan untuk kista tiroid. Penanganan terbaik untuk kista tiroid adalah dengan operasi atau dengan Percutaneus Ethanol Injection (dimasukkan obat etanol ke dalam kista tiroidnya melalui suntikan, namun metode ini juga tidak memberikan hasil yang lebih dari operasi).

    BalasHapus
  41. Pak dokter saya mau tanya ttg anak saya berumur 5 tahun dengan riwayat pernah operasi jantung tof, sekitar bulan januari di leher anak saya terdapat benjolan di leher diawali demam panas,setelah di sedot hsl lab menyatakan abses..diberi obat anti biotik sebanyak 3 botol..dan benjolannya hilang,pd awal bln mei muncul lg,saya beri antibiotik cefadroxil lagi hilang,tp setelah 1 minggu obat hbs muncul lagi benjolannya..akhirnya di lakukan pemeriksaan darah dengan hasil tshs 10.30 t3 total 79 t4 total 6.99 pengobatan apa yg hrs saya lakukan dok? Saya berencana membawa anak sy ke jakarta, krn saat ini berdomisili di pekanbaru..terima kasih dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin tidak ada hubungannya dgn tiroid.

      Hapus
  42. Pak Dokter, sy seorg ibu usia thn ini 52. Pd Juni 2010 sy usg thyroid dan kesimpulannya : Multiple nodular hyperplasia thyroid kanan kiri (~ goiter). TSHs : 0.112*, FT4 : 0.780. Waktu itu tdk dikasi obat apapun
    Krn dianggap tdk brbahaya.... Tp saat ni sy merasa benjolan itu makin besar walaupun tidak ada keluhan sakit apapun. Berat basan sy 60-63 kg. Yg menjadi prtanyaan saya apakah saya harus dioperasi dan apakah ada efek dr oprasi tsb. Klo tidak dioperasi apakah ada alternatif lain utk menghilangkan benjolan tersebut krn seringkali sy hrs menutupi dgn syal atau pakaian tertutup smp ke leher. Yg ke-2 apakah thyroid ini salah 1 akibatnya krn melahirkan dlm jumlah banyak dan berdekatan tahun lahirnya? Anak saya ada 8 org, dok. Mohon maaf krn banyaknya pertanyaan. Saya butuh jawabannya dok. Trima kasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap benjolan di tiroid, kalau bisa diangkat semua, terutama utk memastikan ganas atau tidaknya. Tidak ada hubungan langsung dengan proses melahirkan.

      Hapus
  43. Pak dokter, saya hery dari lampung, saya memiliki benjolan di leher, sudah cek di lab ternyata gondok beracun, hari selasa kemaren tepatnya tgl. 22 juli saya sempat menelpon dr. eko purnomo di RSPAD spesialis pengobatan dengan radioablasi nuklir. alhamdulillah direspon, saya yakin untuk dateng kesana. saya termasuk penggguna BPJS Kesehatan. awalnya saya mendapat rujukan dari faskes 1 untuk cek dulu di RS (swasta di lampung) dan di arahkan ke spesialis penyakit dalam. setelah di periksa dan menunjukkan hasil lab T3,T4 kemudian saya di beri obat TPU selama 1 bulan dan harus cek kembali 1 bulan berikutnya. Awalnya rencana saya ingin meminta surat rujukan dari RS tersebut untuk pengobatan radioalbasi nuklir di jakarta, tetapi dari dokter spesialis penyakit dalam tersebut katanya kalau melakukakan pengobatan dengan menggunakan nuklir akan mengakibatkan teroid hilang dan kemudian harus meminum obat untuk penambah teroid seumur hidup, yang ingin saya tanyakan apakah itu benar dok? awalnya saya sudah ada rencana untuk berangkat k jakarta setelah lebaran nanti. tapi sekarang jadi bimbang. mohon untuk penjelasannya dok. terimakasih banyak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, benar. Tapi setiap pengobatan pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Dengan obat PTU, kelebihannya bisa cepat menurunkan kadar hormon tiroid, tapi kekurangannya mudah sekali kambuh. Dengan radioablasi, kelebihannya, hampir tidak pernah kambuh, tp ada kemungkinan seluruh kelenjar tiroid rusak. Jadi, hak pasien utk memilih jenis pengobatan yg dikehendaki. Tapi sayangnya, sepertinya pengobatan radiotiroablasi belum masuk ke dalam pengobatan bpjs.

      Hapus
  44. Aslmualikum , pak doctor sya mou tnya pembekakan/benjoln kcil d bgisn teroid sbelh kanan apkah it klenjr teroid atau bkn/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya diperiksakan ke dokter utk lebih pastinya bisa dilakukan usg tiroid.

      Hapus
  45. Dok... saya mau tanya, istri saya sebulan yg lalu telah menjalani operasi pengankatan kelenjar tiroid dan getah bening, tapi kata dokter masih ada sebagian yang tersisa,yang tidak bisa diangkat karena melekat pada pembuluh darah, hasil lab patologi menyimpulkan istri saya terkena carsinoma papiler, kata dokter bedah yg menangani istri saya, istri saya harus di radiasi nuklir, saya mau tanya apa dampak yang bisa timbul setelah dilakukan radiasi nuklir? dan apa yang bisa terjadi jika tidak dilakukan radiasi nuklir? terimakasih banyak Dok.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dampaknya sisa sel kanker yg tersisa akan mati, dan jika tidak dilakukan radiasi nuklir ada kemungkinan akan tumbuh kembali dan menyebar ke organ lain.

      Hapus
  46. Dokter...anak saya perempuan berusia 14 tahun, tanggal 16 juli 2014 kemarin baru saja menjalani operasi kanker teroid ganas. Satu minggu setelah operasi anak saya kontrol dan dinyatakan harus menjalani terapi radiasi. Kedua teroid anak saya sudah diangkat dan kini anak saya harus minum obat seumur hidupnya sebagai pengganti hormon teroidnya. Yang ingin saya tanyakan, apakah memang tepat penanganan kanker anak saya dengan harusnya menjalani terapi radiasi? Apakah biayanya relatif mahal? Apa efek sampingnya mengingat anak saya masih berusia 14 tahun ? Dan setelah terapi radiasi apakah masih ada serangkaian pengobatan lain yang harus dijalani ? Mohon jawabannya segera dok....terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kanker tiroid pada usia muda dibawah 20 tahun, sangat jarang, kalaupun ada maka termasuk ke dalam golongan risiko tinggi untuk kekambuhan dan kematian. Pengobatannya adalah dioperasi, diradioablasi, dan minum obat hormon tiroid seumur hidup. Selama ketiga pengobatan tersebut berhasil dijalankan dengan baik, maka risikonya bisa diturunkan. Jadi, ya langkah pengobatan yg dianjurkan sudah tepat.

      Hapus
  47. Malam dokter ryan, dok sy habis operasi angkat semua kelenjar tiroid, karena ada ca.sekarang tiroglobulin saya di bawah 1 ,apakah ada penyebaran ca dok? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum tentu, bila perlu masih harus dikonfirmasi lagi dengan whole body scan, usg leher, dan cek lab antibodi tiroglobulin. Sebaiknya dilakukan rutin setiap 6-12 bulan sekali.

      Hapus
  48. Apakah pengangkatan throid berpengaruh pada kesuburan atau perkembngan bayi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, kalau tidak diberikan obat hormon tiroid untuk keseimbangan hormon.

      Hapus
  49. Slamat sore dok, saya menderita hypotiroid sejak 3 tahun lalu, pemeriksaan trakhir saya ke RS kencana RSCM july lalu. Dan stelah cek lab, usg tiroid , dikatakan dokter hanya terdapat cairan di benjolan tiroid saya. Lalu akhirnya di biopsi, untuk pemeriksaan lanjut. Menurut dokter yg menangani saya, saya tdk dibatas yg ganas, dan memang tdk normal. Bagaimana pengobatan untuk menghilangkan benjolan tiroid ini ya dok... dan apakah tiroid ini mempengaruhi kesuburan dalam reproduksi saya sbg perempuan. Saya pernah dengar katanya penyakit ini membuat wanita susah hamil. Apa benar dok.
    Trima kasih dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmmm, maaf saya tidak mengerti dengan kalimat anda "…saya tidak dibatas yg ganas, dan memang tidak normal…". Terkadang biopsi kurang akurat dalam menegakkan diagnosis, dan disarankan untuk diangkat semua benjolannya supaya lebih akurat. Selama hormon normal, tisak menganggu kesuburan.

      Hapus
  50. siang dok,, saya RINI Wonogiri 34 tahun punya 3 anak lahir caesar mau tanya, di leher ada pembengkakan sudah sejak 10 tahun yang lalu (hamil anak pertama) tanpa ada keluhan apa2, kemaren tgl 24 september 2014 saya periksa TSHs 0,819 dan FT4 1.07 yang kata org prodia normal, kira2 test apa lagi ya yg harus saya lakukan untuk mengetahui pembengkakan di leher ini?? mohon jawabannya dok.. trimsss

    BalasHapus
  51. Dok saya mengalai hipertoroid sejak tahun 2003, saya konsul dan berobat sama dokter. Terus terang saya kadang konsulnya tidak teratur karena bosan minumj obat. Sehingga kadang tiroid saya noirmal dan kadang kambuh lagi. Apa saya dapat menempuh pengobatan dengan iodium radioaktif? apakah ada efek samping kalau pengobatan iodium radioaktif?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Ada kemungkinan bisa jadi hipotiroid, karena semua kelenjar tiroidnya rusak.

      Hapus
  52. Selamat malam dokter.. maaf mengganggu waktunya.. dokter..sy penderita hipertiroid. Sy tinggal di lampung.. sebaiknya sy berobat kemana ya dok. Mengingat jawaban dokter diatas ada bebedapa rs. Yg menangani pengobatan iodium Radioaktif. Apakah pengobatannya dr smua Rs sama kualitasnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ke dokter penyakit dalam bagian endokrin terdekat dahulu.

      Hapus
  53. Dok, sudah 1 th terakhir leher saya membesar, saya sdh 3 x cek Lab T3,T4 dan TsHs..hasilnya normal. Akhirnya saya USG thyroid, hasilnya : Lobus sinistra & kanan : ukuran tampak membesar dng struktur parenkim tampak inhomogen dng bentukan nodule didalamnya dng uk. 4,45x2,29x4,53 cm pada CFM aliran vaskuler tak dominan dan konfirmasi elstography tampak mix nodule. Kesan : menyokong tanda struma nodusa bilateral dng bentukan mix nodule dng uk.terbesar di thyroid dextra, suggestif tanda hyperplasi adenoma.
    Oleh Dokter saya disarankan operasi, tetapi saya takut efek sampingnya, apakah ada jalan lain / pengobatan selain operasi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran terbaik utk benjolan tiroid adalah operasi, sekalian memastikan ganas atau tidak.

      Hapus
  54. dok,,sya wanita usia 28 th.akhir2 ni setelah sya melahirkan pada leher terlihat ada benjolan letaknya sperti jakun,pernah sya periksakan ke dokter ktnya bukan kelenjar teroid tapi itu sperti aksesoris atau tambahan d luar kelenjar teroid,,,,mukin maksud dokter jakun sperti yg di miliki pria,apakah itu benar dok?soalnya sya juga merasakan sdikit susah bernafas saat tidur seperti benjolan tu menekan tenggorokan sya.

    BalasHapus
  55. dok. pnyakit hpertiroid ini ada tidak pantangan2 makanan yang harus dihindari?? bagaimana ttg pngobtan yodium radioaktif? seberapa bahYny Dn fek nya serta prognosis nya gimana dok? trimakasih sebelmnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada, tp kalau mau pengobatan iodium radioaktif, kita minta diet rendah iodium dulu 1 bulan sebelum dan sesudah pengobatan.

      Hapus
  56. Dok saya dari kalimantan mau tanya di leher kiri saya ada bejolan besar ukuranya sebesar kepalan anak kecil, saya periksa darah hasilnya di katakan sama dokter, saya terkena gondok biasa, lalu saya di sarankan operasi karena kata dokternya tidak ada obat untuk penyembuhan selain operasi, tapi saya nenolak. dan sampai sekarang penyakitnya saya biarkan saja tampa ada pengobatan karena saya tidak merasa ada keluhan yang berarti. tapi makin lama pembengkkan di leher saya makin besar dan tidak enak di pandang mata. saran dokter saya harus bagaimana?

    BalasHapus
  57. Dok mohon tny.suami sy sdh dilakukan pengangkatan theroid.hsl PA :carcinoma papiler.usia 49 th..diameter benjolan kira2 15 cm..dan suami sy sdh konsul dokter dan di jadwalkan utk terapi nuklir pd bln febuari 2015. Di rs siloam semanggi.
    Pertanyaan sy..apakah efek negatif dr terapi nuklir itu? Kemudian apa akibatnya kalo kelenjar teroid rusak?
    Apakah stlh terapi nuklir bs miliki anak?
    Apa yg hrs dilakukan spy ttp sehat pasca therapi nuklir*selain mmg hrs mnm obat pengganti hormon itu
    Trimakasih sangat atas jawabannya dok.

    BalasHapus
  58. Ass dok
    Saya wanita 28th,,,saya sudah 3,5 th ini menderita benjolan dileher kanan
    Awalnya kecil dan skrng sudah mulai keliatan,,,yg mwu saya tanyakan saya harus melakukan pemeriksaan apa aja y dok di rumahsakit,,,karna saya awam tentang rumahsakit
    Mohon dijelaskan y dok
    Terimakasih atas jawabannya

    BalasHapus
  59. ass dok
    kalo di bandung buyka prakteknya di daerah mana ?
    terimakasih

    BalasHapus
  60. dear all..
    saya ingin teman2 sharing testimony keberhasilan teman2 yg sudah menjalani radiasi nuklir.
    Saya punya kasus sama .. tyroid leher kanan harus dioperasi .. baru 2 minggu yg lalu. Namun saat ini belum mau operasi.

    tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sdh menjalani ablasi hingga 2x namun ga ada hasil

      Hapus
  61. Salam hangat, Dok. Saya seorang pasien hipertiroid, nodul " dingin " dan sudah dipastikan bukan kanker.
    Hasil tes T3 : 0,9 , tes FT4 : 12, 6 , tes TSH : 0, 72. Usia 29 thn, laki - laki.
    Saya sudah 2 kali ablasi ( obat tetes I - 131 ). Yang ingin saya tanyakan, apakah ada batasan maksimum seorang pasien tiroid menerima obat ablasi ?

    BalasHapus
  62. informasi pada artikelnya sangat bermanfaat.. thanks

    BalasHapus
  63. Malam dok saya wanita usia 24 tahun.yg berencana untuk operasi tyroidecomy.dari hasil usg menunjukan suspek struma nodosa. Hasil tes darahnya tsh, t3,t4 normal dok.apa saya harus operasi atau ada cara lain.mungkin kah ini bukan gangguan tiroid tapi kanker tenggorokan.karena beberapa hari ini tenggorokan saya tidak enak.mengingat test darah semuanya normal.mohon penjelasan dok terimakasih

    BalasHapus
  64. Pagi dok, saya wanita umur 32 thn dan saya penderita hipertiroid sudah terdeteksi sejak bln oktober 2014, skrg saya masih terapi obat thyrozol 5mg/hr, yang ingin saya tanyakan, bisakah saya lepas dari obat dok, krn terus terang saya tidak mau minum obat seumur hidup. Sebenarnya sekarang sudah tidak ada keluhan yang berarti dok, bisakah saya menjalani pengobatan radioaktif, dan apa saja efeknya?, terimakasih sebelumnya ya dok

    BalasHapus
  65. Sore dok, saya mau nanya saya udah positif terkena hipertiroid dan saya sedang menjalani pengobatan dgn dokter spesialis penyakit dalam saya di beri obat TPU dan PROPANOLOL setelah saya mengkonsumsi obat ini berat badan saya naik. Apa itu efek sampingnya ya dok? Dan kira2 itu bahaya ga dok? dan mata saya juga udah kena tp benjolannya ga seberapa besar cuma emg matanya gede sebelah. Mohon penjelasannya ya dok. Trimakasih

    BalasHapus
  66. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    BalasHapus
  67. Dok ryan.leher kanan saya ada benjolan.di usg kista jinak ukuran 1cm.sudah di aspirasi.dalam waktu 2 minggu timbul kembali.gangguan leher spt sdabygn menganjalkadang merasa spt tercekik dan dyspnea.hasil lab t3 t4 tsh normal.sekarang sedang kpnsumsi obat hipotiroid 100 mg sebutir sehari. Apa obat itu bisa mengecilkan kista? Apa perlu kista diaspirasi lagi. Apa perlu operasi atau lebih baik suntikan ethanol? Terima kasih.

    BalasHapus
  68. siang dok...saya mau tanya di leher saya ada benjolan sebesar bola pimpong.saya jadi kurang percaya diri dan sering menutupinya.saya udah tes darah hanya T4 nya saja yg di bawah normal yang lainnya msih dalam batas normal.saya sudah ke dokter dan di saran untuk operasi.apakah gondok di leher saya ini bisa hilang atau mengecil dan pada akhirnya normal tanpa harus operasi dok ? saya takut operasi dok.
    balas ya dok.trimakasih

    BalasHapus
  69. siang dok...saya mau tanya di leher saya ada benjolan sebesar bola pimpong.saya jadi kurang percaya diri dan sering menutupinya.saya udah tes darah hanya T4 nya saja yg di bawah normal yang lainnya msih dalam batas normal.saya sudah ke dokter dan di saran untuk operasi.apakah gondok di leher saya ini bisa hilang atau mengecil dan pada akhirnya normal tanpa harus operasi dok ? saya takut operasi dok.
    balas ya dok.trimakasih

    BalasHapus
  70. Malam Dok, sy seorg ibu umur 40th n sethn yl sy merasakan ada benjolan dileher, lalu sy ke dokter dan disuruh lab FT3, FT4 dan TSHs lalu usg tiroid. Semua nya normal hanya ada benjolan berisi air di leher 1.9 cm dan dokter bilang sy tiroid. Sy diberi obat euthyrox 1bj sehari.Bln sept2015 sy kembali ke dokter dgn hasil T3 12.39, T4 4.16 dan TSHs <0.005 dan hasil usg tiroid mengecil 1.6cm, euthyrox diminum setengah sehari. Bln lalu sy kembali ke dokter tanpa perlu lab T3, T4 dan TSHs dan usg menunjukkan tiroid mengecil jadi 1cm dan euthyrox menjadi 1/4 biji sehari. Tetapi, berat badan sy tdk bisa kembali dan kulitjd sangat gelap, sy msh mengeluarkan keringat berlebihan, apa sebabnya ya dok? Apakah hrs di nuklir? Apakah efek samping dari nuklir buat saya? Dan bgm prosedur menjalani pengobatan nuklir? Trimakasih dok, balas.

    BalasHapus
  71. Malam Dok, sy seorg ibu umur 40th n sethn yl sy merasakan ada benjolan dileher, lalu sy ke dokter dan disuruh lab FT3, FT4 dan TSHs lalu usg tiroid. Semua nya normal hanya ada benjolan berisi air di leher 1.9 cm dan dokter bilang sy tiroid. Sy diberi obat euthyrox 1bj sehari.Bln sept2015 sy kembali ke dokter dgn hasil T3 12.39, T4 4.16 dan TSHs <0.005 dan hasil usg tiroid mengecil 1.6cm, euthyrox diminum setengah sehari. Bln lalu sy kembali ke dokter tanpa perlu lab T3, T4 dan TSHs dan usg menunjukkan tiroid mengecil jadi 1cm dan euthyrox menjadi 1/4 biji sehari. Tetapi, berat badan sy tdk bisa kembali dan kulitjd sangat gelap, sy msh mengeluarkan keringat berlebihan, apa sebabnya ya dok? Apakah hrs di nuklir? Apakah efek samping dari nuklir buat saya? Dan bgm prosedur menjalani pengobatan nuklir? Trimakasih dok, balas.

    BalasHapus
  72. Malam dokter. Tgl 28 november 2015 saya baru menjalankan ablasi nuklir, leher saya sebelah kanan membesar dan mata sebelah kanan agak menonjol juga. Kira- kira kembali normalnya perlu berapa lama dokter?
    Trima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  73. Selamat malam Dokter.saya punya adik perempuan udah beberapa bulan ada benjolon dileher, setelah didiagnosa ternyata penyakit tiroid. Pertanyaan saya dokter, apakah penyakit tersebut harus dioperasi? terima kasih dokter.

    BalasHapus
  74. selamat malam dok, hasil biopsi saya thn 2014 : koloid goiter. Disuruh minum ptu, vitamin b complex dan prednison. Stelah waktu yg ditenkan saya check up lg, pas check up yg meriksa leher saya Co ass, gk dicek lg sama dokternya, kata si co ass udh hilang trus saya disuruh brenti minum obat. Gk brp lama kok saya msh ngerasa ada benjolan di leher kanan, trus periksa lg trus disuruh minum obat yg sama lg, tp skrg udh brenti minum obat dok. Benjolannya gak besar dok, tp kalo nelan nampak naik turun. Tp rasa saya makin hari kok agak keras gitu benjolannya dok. Gimana tu dok?
    Terima kasih sebelumnya dokter

    BalasHapus
  75. Dok dileher kanan saya ada benjolan setelah saya berobat dan berdasarkan gejala2 yg saya alami saya diduga mengalami hipotiroid dan saya hanya diberikan obat thyrax yg dosis obatnya dibagi 2..kira2 langkah pengobatan apalagi yg saya harus lakukan...apakah kira2 kalau saya melakukan terapj non farmakologi seperti mengonsumsi selenium itu bisa mengecilkan kelenjar tiroid saya yang membesar terimakasih dok.

    BalasHapus
  76. Dok , saya mengalami gejala seperti tiroid ..
    Sakit di tengorokan , suka kelelahan , jantung berdebar , nyeri setiap sendi , suka sentif skrng sma suhu dingin . apa gejala itu bisa d blng bner aku menderita tiroid apa tetap sy harus periksa lebih dahulu

    BalasHapus
  77. Dok , saya mengalami gejala seperti tiroid ..
    Sakit di tengorokan , suka kelelahan , jantung berdebar , nyeri setiap sendi , suka sentif skrng sma suhu dingin . apa gejala itu bisa d blng bner aku menderita tiroid apa tetap sy harus periksa lebih dahulu

    BalasHapus
  78. Dokter Ryan, Istri saya menderita kanker tyroid, sampai sekarang masih merasakan seperti tercekik lehernya, walaupun sudah dilakukan operasi pengangkatan tyroidnya, dan kemudian melakukan radiasi Nuklir (Ablasi), dan sekarang terpaksa dipasang selang diperut/lambungnya untuk asupan makan dan minumnya. Mohon saran dari dokter perihal rasa tercekik dileher tersebut, apa yg harus saya lakukan ? terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  79. Sharing untuk Julius Kandou, bila ada rasa tercekik harus dipastikan apakah ada sumbatan atau penyempitan jalan nafas atau jalan untuk lewat makanan. Bisa dilakukan CT scan atau MRI sebelum dilakukan Whole body scan dengan iodium untuk menilai apakah ada jaringan paska operasi tiroid yang masih tersisa. Salam sehat (dr Eko)

    BalasHapus
  80. Doter istri sya ada benjolan periksakata ya t4 tinggi.. brat badan istrisaya berkurang berbahayakah dok

    BalasHapus
  81. Doter istri sya ada benjolan periksakata ya t4 tinggi.. brat badan istrisaya berkurang berbahayakah dok

    BalasHapus
  82. selamat malam pak dokter, maaf mengganggu, saya joko dari surabaya, mau tanya pak dokter, anak saya dari umur 3 bulan s/d sekarang 1 tahun 4 bulan, ada benjolan kecil di leher kanan, leher kiri, belakang kepala (belakang telinga kanan & kiri). Menurut orang tua, benjolan tersebut lumrah & akan hilang nantinya. Tapi saya kuatir dok jika nanti terlambat mengobati. Saya baca2, itu sepertinya TBC Kelenjar.
    Sebaiknya saya periksakan ke dokter spesialis apa ya dok?
    Lalu tes apa saja ya dok yg perlu dilakukan?
    anak saya laki2, berat badan selalu naik, aktif, tdk ada riwayat TBC di lingkungan keluarga & saudara.
    Mohon informasinya pak dokter.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  83. Assalamualaikum dok sy sdh hampir 3 th dinytkn hipertyroid tntunya dr hsl lab dan seiring itu pl sy mnm obat.thn prtama smpai 2 th minum PTU dan praponololl tp 1 th trakhr hnya mnm PTU saja mnng dl sy teratr cek lab krn bs pkai askes tp stlh askes tdk bs lg sy jrng cek.akhr2ini badan sy trtama tulang3 sakit sering kesemutan tangn dan kaki lalu sy cek lab tgl 17 maret td ternyta Free T4 9,60 ng/ dl TSH 2,500 dokter mmberi sy PTU 100 mg 2 x1 dan Concor 2_5 mg hnya 1 x shri yg sy bingung knp bfn sy ttp lemas tulang2 tetep sakit keringt dingin bertmbh juga mata sy tmbh kabur.apakh saya bisa klau pakai radioaktf,dimna rumah sakitnya dan brp biayanya.Rusdiana banjarbaru

    BalasHapus
  84. Apa akibatnya bila seluruh kelenjar thyroid diangkat?? Fungsi kelenjar throid sendiri dalam tubuh apa ya dok?

    BalasHapus
  85. Dok dimana untuk pemeriksaan tiroid ini ? krn kemungkinan istri saya menderitanya

    BalasHapus
  86. Sudah 2bulam yang lalu sy menyadari ada benjolan di kiri bawah leher sy. Sy periksakan ke dokter spesialis dalam di nyatakan pembengkakan tiroid. Sy sudah menjalani tes lab dan hasil utk tiroid ya adalah dalam batas normal. Lalu sudah di USG oleh dokter tsb tp tidak dijelaskan. Sy hanya di suruh untuk operasi. Sy heran jika batas normal kenapa bisa ada benjolan? Dan apakah operasi itu diperlukan? Kmaren hanya dikasih obat sama dokter tsb, tp sudah tidak sy konsumsi karna menurut sy tidak ada perubahan dalam bentuk benjolannya. Dan juga tiroidnya hanya dalam batas normal. Apakah tidak apa2 jika sy membiarkannya saja, apakah harus ada yg saya lakukan lagi? Tolong untk share atau menjawaprtanyaan sy, trims

    BalasHapus
  87. dok kalau mau operasi kira2 prosedurnya gimana yah dok ? terus biayanya di tanggung bpjs gak ?
    makasih dok

    BalasHapus
  88. dok kalau mau operasi kira2 prosedurnya gimana yah dok ? terus biayanya di tanggung bpjs gak ?
    makasih dok

    BalasHapus
  89. Dok, ibu saya terkena kanker tiroid dan sudah melakukan operasi pengangkatan, namun masih ada sisa sisa kanker tersebut, lalu dokter menyarankan untuk dilakukan ablasi, saya belum mengerti apa itu ablasi kanker tiroid, dan apa efek samping nya ? Terimakasih.

    BalasHapus
  90. DOK,Tiroid saya sudah di angkat semua karena hasil operasi dinyatakan ganas, saya di sarankan dokter tempat saya oprasi untuk scan tiroid, yg saya tanyakan apakah diet atau periapan sebelum melakukan sacan tiroid, dan hasil dari scan tiroid bisa di lihat dalam waktu brapa lama ?? terimaksih dok

    BalasHapus
  91. Dok,ibu saya mngalami klenjar tiroid sejak saya lahir dan sdah berumur 21 tahun,,,rencana dok mau dilakukan tindakan operasi,,,tapi sebenarnya dok, ibu saya tidak merasa terganngu dngn tiroidny,,,hanya saja ibu saya kurang pede dgn tonjolan tiroidnya,,,yang mau saya tanya dok,,apa resiko jika tidak diambil tonjolan tiroidnya,,,atau adakah obat lain selain operasi dok???
    terimakasih ya dok

    BalasHapus
  92. Dok,ibu saya mngalami klenjar tiroid sejak saya lahir dan sdah berumur 21 tahun,,,rencana dok mau dilakukan tindakan operasi,,,tapi sebenarnya dok, ibu saya tidak merasa terganngu dngn tiroidny,,,hanya saja ibu saya kurang pede dgn tonjolan tiroidnya,,,yang mau saya tanya dok,,apa resiko jika tidak diambil tonjolan tiroidnya,,,atau adakah obat lain selain operasi dok???
    terimakasih ya dok

    BalasHapus
  93. Dok saya sudah menderita tiroid sejak 4 tahun yang lalu. Dan saya berhenti mengkonsumsi obat dokter sejak 2 tahun lalu.. Apakah jika tetap dibiarkan akan berbahaya atau ada alternatif lain untuk menyembuhkan hipertiroid tanpa efeksamping selain penanganan medis dok?

    BalasHapus
  94. Dok saya sudah menderita tiroid sejak 4 tahun yang lalu. Dan saya berhenti mengkonsumsi obat dokter sejak 2 tahun lalu.. Apakah jika tetap dibiarkan akan berbahaya atau ada alternatif lain untuk menyembuhkan hipertiroid tanpa efeksamping selain penanganan medis dok?

    BalasHapus
  95. Dokter, saya positif hipertiroid sejak feb atau maret 2013, dosis terakhir dari dokter internist saya adalah mengkonsumsi obat hipertiroid PTU 2x1 dan Thyrozol 10mg 2x1. Saya sempat terkena Tiroid Storm dok, sudah beberapa kali krn sy lupa minum obat 1-2hari. Apakah itu mengindikasikan bahwa hipertiroid saya termasuk yg ganas yah dok? 1-2 minggu ini saya coba stop minum obat dok, dan puji Tuhan tidak ada keluhan apa-apa. Apakah itu berarti tiroid saya sudah normal yah dok? Saya belum sempat cek hormon soalnya. Kalau pengobatan nuklir ini apakah untuk memperbaiki hormon saja, menghilangkan benjolan atau hipertiroid saya bisa sembuh total yah dok? Terus kira2 berapa biaya utk 1x terapi, termasuk obat dan lain2 dok? Terimakasih utk jawabannya...

    BalasHapus
  96. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  97. Maaf Dokter, mgk ini krg etia utl ditanyakan disini, ttpi ini kami tnyakan agar kami bs bersiap2 utk berobat dlm wkt dkat, kami mnanyakan Dok Brp kira2 Biaya terapi Radiasi Nuklir utk Thyroid ? Terima ksh byk Dok (ENI, SUMSEL)

    BalasHapus
  98. Maaf dok , saya mau tanya untuk terapi nuklir ini pengobatannya berapa lama dok kalau yang sakit hipotiroid ? Dan berapa biayanya ?

    BalasHapus
  99. Selamat malam dok, saya mau tanya. Klo terapi nuklir di jogjakarta atau Magelang itu di Rs mana aja?
    Dan sekisaran brp biayanya?
    Terima Kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  100. dok saya punya kenalan dokter bedah anak, lalu periksa saya soalnya ada benjolan di leher, katanya harus ke dokter bedah onkologi, apakah benar?bukan ke dokter endokrin ya kalo mau konsultasi dulu?

    BalasHapus
  101. Slmt siang Dok mau Tanya : kalau hasil usg :
    Tyroid kanan terlihat besar dgn mass padat 14x16mm,22x28mm hyperechoic dgn Batas tegal,rata
    Tyroid kiri bentuk & besar normal permukaan rata terlihat kista kecil 4x5mm tak Tampak mass padat
    Tak Tampak pembesaran kelenjar getah bening pada cervical bilateral
    Kesan: struma nodosa dua buah pada thyroid kanan dgn kista kecil

    Lab: T3: 1,68
    T4 : 11,84

    Bagaimana penjelasAn dari hasil di atas Dok ...

    BalasHapus
  102. Selamat Sore dokter.
    Saya mau tanya. Saya memikili nodul pada tiroid kanan dan kiri yang menurut dokter ukurannya masih kecil. Saya sudah melakukan tes darah dan USG. Untuk memastikan selanjutnya seperti kata dokter saya mesti melakukan biopsi jarum halus. Nah ke dokter apa saya mesti pergi?
    Terima kasih dokter. Saya tunggu penjelasannya.

    BalasHapus
  103. Selamat malam dr Ryan
    Saya Panca dan saya d diagnosa TIROID FOLIKULER
    Awalnya ada benjolan d leher sebelah kiri saya,lalu saya melakukan op pd tgl 6 maret 2017 1 mgg setelah pulang dr rawat inap saya melakukan kontrol,lalu dokter memnta hasil PA yg d ambil langsng oleh suster k laboratorium dan dokter mengatakan bahwa hasilnya ganas, lalu dokter menanyakan apakah saya siap untk melakukan operasi kedua,dan 4 bulan kemudian saya melakukan OP kedua,ternyata hasilnya TIROID FOLIKULER lalu dokter menyarankan saya untuk melakukan TIROID SCANNING segera.
    Pertanyaan saya....kenapa saya harus melakukan TIROID SCANING dan berapakah biayanya?
    Sebelum dan sesudahnya terima kasih Dokter

    BalasHapus
  104. Selamat pagi dr Ryan,
    Saya perempuan usia 32thn sudah melakukan tiroidektomi total pada tgl 2 April 2017 Setelah operasi saya tidak minum obat tyrax sama sekali, lalu tgl 11 April nya melakukan radiasi nuklir Thyroid Tc 99/ I 131. Hasil nya adalah "tidak tampak residu thyroid".
    Pertanyaan saya apakah masih diperlukan ablasi atau radiasi selanjutnya dok?

    Waktu melakukan radiasi Kadar Tiroglobulin saya 0.13, rujukan (3,5-77)
    Tgl 20 April 2017 saya minum euttrax 100mg
    Tgl 20 mei, test darah TSHs 0,767 Rujukan (0,27-4,7) dan FT4 23,65 Rujukan (10,6-19,4)
    Tgl 21 Mei 2017 , minum euthyrax 150mg
    Tgl 22 Juni, test darah TSH <0,05 dan FT4 33,34 Rujukan (10,6-19,4)
    Tgl 22 Juni 2017, minum euthyrax 125mg
    Pd tgl 21 Juli 2017 hasil Titoglobulin saya 0,2, rujukan (<=55)
    Apakah itu normal?
    Sebelum dan sesudahnya terima kasih dr Ryan ����

    BalasHapus