Minggu, 13 November 2016

Happy 15th Anniversary FKUPH: Great alumni is homecoming!

Selamat Ulang Tahun ke-15
Fakultas Kedokeran Universias Pelita Harapan (FKUPH)

Tepat 1 Oktober 15 tahun silam, FKUPH resmi berdiri. Sebagai angkatan pertama dari FKUPH, banyak hal yang kami rasakan saat itu. Dengan fasilitas dan tenaga pengajar yang masih sederhana dan belum selengkap serta semodern saat ini tidak membuat semangat kami belajar ilmu kedokteran menjadi turun. Kami berjumlah 50 mahasiswa saat memulai tahun ajaran pertama dan 27 dari 50 mahasiswa tersebut merupakan lulusan pertama dari angkatan kami. Keterbatasan fasilitas dan tenaga pengajar tersebut justru membuat kami makin solid dalam mencari ilmu bersama-sama. 

Saat ini, FKUPH dipimpin oleh seorang dekan yang dikenal sebagai dokter bedah saraf kelas dunia, berhasil membuat FKUPH menjadi lebih baik lagi. Sudah tidak tampak lagi segala keterbatasan seperti yang dialami oleh para mahasiswa angkatan pertama. Fasilitas yang lengkap dan berstandar internasional didukung dengan tenaga-tenaga pengajar berkompeten membuat FKUPH menjadi salah satu FK swasta unggulan di Jakarta, bahkan di Indonesia. Banyak alumninya yang diterima untuk melanjutkan pendidikan dokter spesialis ataupun berkarya di tempat lain. Tidak hanya di dalam negeri saja, tapi ada juga alumni yang melanjutkan studi ke Eropa, Jepang, Korea, dan negara lainnya. Hal ini mengindikasikan bahwa alumni FKUPH dapat diterima oleh semua institusi, baik itu dalam negeri maupun luar negeri. Meskipun demikian, apakah salah satu misi FKUPH menciptakan "world class doctor" sudah tercapai?

Hingga saat ini, FKUPH belum tercatat ke dalam jajaran FK terbaik di dunia menurut QS world university rankings (http://www.topuniversities.com/). Hanya ada satu universitas di Indonesia yang masuk ke dalam daftar FK terbaik menurut QS world university rankings, dan itu pun berada di urutan 300-400. QS world university rankings ini menilai suatu universitas berdasarkan reputasi akademik, reputasi tenaga pengajar, dan jumlah penelitian terpublikasi. Jadi berdasarkan hal tersebut, FKUPH masih belum memenuhi kriteria mereka. Masih banyak pekerjaan rumah yang perlu dikerjakan dalam rangka memperbaiki atau meningkatkan level dari FKUPH. Hal ini akan sulit tercapai jika hanya mengandalkan FKUPH saja, namun juga perlu didukung oleh ikatan alumninya. 

World class doctor, tidak berarti dokter tersebut harus lulus dari universitas level dunia. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh alumni FKUPH dalam meningkatkan reputasi FKUPH, salah satunya adalah dengan menjaga nama baik alamamater. Alumni FKUPH dapat kembali pulang dan berkarya di rumah almamater asalnya. Tidak harus menjadi staf FKUPH, tapi juga bisa hadir dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang diadakan oleh ikatan alumni FKUPH. Alumni FKUPH dapat datang dan membagikan ilmu dan pengalamannya untuk memotivasi adik-adik mahasiswa FKUPH yang saat ini tengah berjuang mencari ilmu. Alumni FKUPH juga dapat menyumbangkan karya ilmiahnya di jurnal kedokteran FKUPH atau jurnal-jurnal kedokteran lainnya. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh alumni FKUPH dalam menjaga nama baik FKUPH dan membuat bangga almamaternya. 

Namun yang paling penting bagi alumni FKUPH adalah dengan menunjukkan karakter sebagai seorang dokter kelas dunia sejati dalam kehidupan sehari-hari. Alumni FKUPH masih dapat menjadi world-class doctor, di hati pasien dan teman sejawatnya. Buat apa menjadi dokter lulusan Harvard University, jika tidak dapat menunjukkan empati dan cinta kasih dalam merawat pasien. Buat apa menjadi dokter lulusan Universiy of Oxford  jika tidak pernah tersenyum manis ketika menghadapi pasien. Buat apa menjadi dokter lulusan University of Cambridge, kalau suka memfitnah dan menjelek-jelekkan teman sejawat.

Mungkin saat ini FKUPH belum termasuk ke dalam jajaran FK terbaik di Indonesia maupun dunia, tapi saya yakin teman-teman alumni FKUPH bisa menjadi dokter kelas dunia yang terbaik di hati pasien dan teman sejawat. Jagalah nama baik FKUPH, jangan lupakan FKUPH, rumah kita berasal, rumah yang memberikanmu tidak hanya sekedar gelar dokter tapi juga hati seperti malaikat.

FKUPH is your home, Great Alumni is coming home !
Happy birthday FKUPH



-Alumni FKUPH 2001-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar