Rabu, 20 Februari 2013

Pilih mana: Hipo apa Hiper?

Hipo dan hiper yang saya maksud di sini adalah hipotiroid dan hipertiroid. Dua kondisi ini menjadi dilema bagi dokter dan pasien yang mengalaminya. Kalau bisa memilih sih, jangan pilih duan-duanya tapi pilih yang normal saja. Memang tujuan dari pengobatan penyakit dari hipertiroid (a.k.a gondok beracun) adalah sebisa dan secepat mungkin dibuat menjadi normal tiroid. Namun di beberapa negara maju, seperti Amerika dan Eropa, justru tujuan dari pengobatan hipertiroid adalah dibuat hipotiroid secepat mungkin supaya penderita tidak mengalami kerusakan organ akibat hipertiroid.
Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan 3 cara, yaitu Obat Anti-Tiroid (seperti neomercazol dan PTU), operasi pengangkatan kelenjar tiroid, atau pemberian iodium radioaktif. Ketiga cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan dari OAT adalah dapat dengan cepat menurunkan kadar hormon tiroid, mudah, murah, dan nyaman. Namun OAT memiliki kekurangan seperti adanya risiko untuk resistensi yaitu obat sudah tidak ampuh lagi menurunkan kadar hormon tiroid, sehingga angka kekambuhan pada penderita yang menggunakan OAT ini cukup tinggi. Oleh sebab itu, para ahli menganjurkan penggunaan OAT ini harus dievaluasi setelah 2 tahun. Bila penderita dianggap tidak berespon dengan OAT, maka perlu dipertimbangkan cara pengobatan yang lain. Kekurangan yang lain dari OAT adalah adanya risiko alergi dan kerusakan pada hati. Kerusakan pada hati disebabkan karena metabolisme dari OAT yang terjadi di hati terlampau berat sehingga dapat mengganggu fungsi hati.
Cara yang lain dalam pengobatan hipertiroid adalah dengan operasi pengangkatan kelenjar tiroid. Cara ini cukup efektif dan cepat dalam menurunkan kadar hormon tiroid, hanya saja tidak semua pasien mau dilakukan operasi. Ahli bedah biasanya tidak mau melakukan operasi pada saat kadar hormon tiroid tinggi, sehingga kadar hormon tiroid harus diturunkan dahulu dengan OAT atau lugol. Operasi pengangkatan kelenjar tiroid harus dilakukan oleh ahli bedah yang sangat berpengalaman, karena operasi di daerah leher adalah operasi yang sangat berisiko tinggi. Seringkali ditemukan komplikasi seperti suara yang hilang atau sering keram dan kaku, hal ini bisa terjadi karena adanya gangguan pada pita suara atau persarafannya yang mungkin tersentuh pada saat operasi atau kelenjar paratiroid ikut terangkat secara tidak disengaja. Operasi pengangkatan kelenjar tiroid juga biasanya tidak dilakukan total, sengaja ditinggalkan sebagian kecil dari kelenjar tiroid untuk mempertahankan fungsinya. Hanya saja ada kemungkinan untuk jaringan tiroid yang disisakan tersebut untuk tumbuh lagi dan menyebabkan kekambuhan.
Cara yang lain dari pengobatan hipertiroid adalah dengan menggunakan iodium radioaktif. Terapi ini sudah rutin digunakan sejak tahun 1940-an dan sangat efektif dalam menurunkan kadar hormon tiroid. Terapi ini termasuk kedalam golongan terapi definitif karena sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi kekambuhan. Hal ini dapat terjadi karena seluruh kelenjar tiroid dirusak dengan menggunakan energi sinar radiasi dari iodium radioaktif tersebut. Sehingga, ada kemungkinan akan terjadi hipotiroid (kebalikannya dari hipertiroid, yaitu kekurangan hormon tiroid) yang disebabkan sudah tidak ada lagi jaringan tiroid yang memproduksi hormon tiroid. Hipotiroid adalah satu-satunya komplikasi yang mungkin dapat terjadi pada penderita yang diberikan pengobatan iodium radioaktif. Namun tidak semua penderita yang diberikan iodium radioaktif ini akan mengalami hipotiroid. Kira-kira 30% penderita yang diberikan iodium radioaktif akan mengalami hipotiroid, sisanya hidup dengan keadaan normal tiroid. Pengalaman di Bandung menunjukkan bahwa hanya 10% penderita yang diberikan iodium radioaktif akan mengalami hipotiroid dalam waktu 2 tahun pertama. Terjadinya hipotiroid ini tidak dapat diprediksi, bisa segera, cepat, lambat, atau tidak pernah terjadi. Sehingga perlu dilakukan pemantauan yang rutin untuk menilai kadar hormon tiroid. Pada saat sudah terjadi hipotiroid maka perlu diberikan suplai pengganti hormon tiroid dari luar sesuai dengan kebutuhannya dan diberikan seumur hidup.
Kejadian dari hipotiroid ini memang menjadi dilema bagi penderita yang akan memilih untuk diobati dengan iodium radioaktif. Mereka berpikir bahwa pada saat hipotiroid mereka harus minum obat setiap hari dan seumur hidup. Hal ini sangat wajar, karena penderita biasanya sudah bosan minum OAT terus menerus. Namun yang juga harus diingat adalah, lebih mudah mengobati hipotiroid dibandingkan hipertiroid. Dokter hanya perlu menyesuaikan kebutuhan hormon tiroidnya dan sangat aman, serta tidak ada risiko kerusakan hati, alergi, ataupun kekambuhan.
Seorang dokter spesialis kedokteran nuklir selalu berharap hasil yang terbaik dalam memberikan terapi iodium radioaktif pada penderita hipertiroid. Harapan penderita untuk tidak mengalami hipotiroid juga dimiliki oleh dokter spesialis kedokteran nuklir. Oleh sebab itu diperlukan perhitungan dosis dan pertimbangan klinis yang tepat dalam memberikan iodium radioaktif. Meskipun demikian, risiko untuk terjadi hipotiroid tetap ada dan merupakan suatu komplikasi dari pengobatan yang harus dihadapi. Hampir semua tindakan pengobatan di kedokteran memiliki risiko untuk terjadi efek samping dan komplikasi, namun demikian perlu dipertimbangkan untuk memilih cara pengobatan yang efektif dengan risiko efek samping dan komplikasi yang ringan dan mudah diatasi. Iodium radioaktif merupakan pengobatan definitif untuk penderita hipertiroid dengan komplikasi hipotiroid yang mudah diatasi dengan pemberian hormon tiroid.
Jadi, untuk penderita hipertiroid yang diobati dengan iodium radioaktif jangan takut untuk terjadi hipotiroid karena tidak semua penderita akan mengalaminya, kalaupun terjadi hipotiroid sangat mudah diatasi dengan pemberian hormon tiroid dan lagipula tidak semua penderita akan mengalami hipotiroid.

219 komentar:

  1. biaya pengobatan. relatif lebih murah mana ?

    BalasHapus
  2. Biaya yg dibayarkan harus dilihat dari sisi mana? Apabila dilihat dari sisi nominal uang, pastinya kedua kondisi tersebut memerlukan ketersediaan obat dalam waktu yg lama. Sedangkan jika dilihat dari biaya kerusakan organ yg dapat terjadi, maka hipertiroid bila tdk diobati dgn baik memiliki risiko yg lebih tinggi untuk terjadi kerusakan organ, sehingga otomatis beban biaya akan naik lebih tinggi bila dibandingkan dgn kondisi hipotiroid. Semoga dpt menjawab, untuk informasi lebih detil mungkin dpt menghubungi saya atau dokter spesialis kedokteran nuklir terdekat.

    BalasHapus
  3. Apakah hipotiroid berbahaya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berbahaya bila tidak segera ditangani dengan baik, karena metabolisme di dalam tubuh menurun dan menjadi tidak seimbang.

      Hapus
  4. apa ada hubungannya dengan pengapuran dimata dok?
    atau katarak dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada hipertiroid, pengapuran memang bisa terjadi terutama pada tulang dan organ lainnya, termasuk katarak. Sehingga pasien tidak boleh terlalu lama berada dalam kondisi hipertiroid.

      Hapus
    2. dok ada nomor telp yang bisa dihubungi untuk konxultasi dan pengobatan

      Hapus
    3. Ada bu di 08170807582 sebaiknya antara pukul 18-22. Kalau jam kerja hubungi di 021-29962765 antara pukul 8-17.

      Hapus
    4. pak, untuk mengecek gondok sebaikanya ke dokter apa ya?

      Hapus
  5. dok,ipar saya harus minum obat seumur hidup ,karena 2klejar diangkat,hrs minum pil setiap hari,sbg pengganti hormon,apa bisa punya anak,atau adakah jln lain selain minum obat tiap hari??ples sharing...dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya kalau boleh tahu, alasannya kelenjar tiroid diangkat apa yah? Kalau karena keganasan, memang harus diangkat semua dan dilanjutkan dengan terapi ablasi dengan radioaktif di kedokteran nuklir untuk menghancurkan sisa-sisanya, agar tidak terjadi kekambuhan atau penyebaran dari keganasannya. Setelah itu dilanjutkan dengan terapi supresi hormon tiroid yang mamu tidak mau harus diminum seumur hidup. Alasannya pertama, untuk menggantikan fungsi kelenjar tiroid yang sudah tidak ada lagi. Hormon tiroid diperlukan untuk metabolisme tubuh. Alasan kedua, untuk menekan pertumbuhan dari keganasan tiroid agar tidak kambuh lagi. Selama kebutuhan hormon tiroid seimbang, maka kemungkinan untuk bisa punya anak lagi sama dengan orang yang normal. Saat ini tidak ada obat lain selain hormon tiroid yang digunakan untuk mengatasi kekurangan hormon tiroid tersebut.

      Hapus
  6. dr

    tante saya minggu ini di vonis hipertiroid dari hasil scannuklir di rscm. dan tindakan selanjutnya adalah untuk dilakukan operasi penganggatan karena tiroid dalam katagory ganas/nakal. terus terang untuk biaya operasi kami masih agak kesulitan, apakah bisa saya dapat referesni pengobatan dan no telp dokter?

    tks
    d0jeng@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti yg sdh saya tulis dalam blog saya ini, pilihan pengobatan untuk hipertiroid ada 3, yaitu obat, operasi, dan radioaktif. Semua pilihan punya kelebihan dan kekurangan masing2. Dalam hal biaya, jelas operasi yang paling mahal. Obat yang paling murah tapi diminum dalam jangka waktu lama. Radioaktif relatif murah, cukup sekali diminum setelah itu hanya dipantau saja. Biaya radioaktif sekitar 1.3jt. Sebaiknya hubungi saya di 08170807582 untuk keterangan lebih lanjut.

      Hapus
  7. maaf dok mau tanya.
    penggunaan obat herbal apakh bs untuk mengobati hipertiroid dok?
    d iklan yg menyebutkn begitu. salah satu kandunganny sirsak dan kulit manggis.
    klo pasien hiper pingsan 3hr 3 mlm. itu artiny pa dok? trus pa tu bs brarti klo itu hipertiroid ganas dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap iklan kecap selalu bilang kecapnya nomor 1. Begitu pula iklan obat, apalagi herbal. Kalau anda bertanya ke saya, pasti saya bilang obat radioaktif saya nomor 1, makanya anda memiliki hak untuk second opinion ke dokter yang lain.
      Sebagai dokter, saya hanya akan merekomendasikan pemeriksaan atau pengobatan yang sudah terbukti secara medis. Sebagian besar herbal, yang saya tidak tahu kandungannya, belum terbukti secara klinis. Tapi saya pun tidak melarang penggunaan herbal, selama dikonsumsi dengan aman dan tidak mengganggu pengobatan medis.
      Pongsan pada hipertirood sering terjadi, biasanya diakibatkan suplai darah yang kurang ke otak akibat dari irama jantung yang tidak stabil. Pingsan bukan gejala klinis dari keganasan.

      Hapus
  8. makasih infonya dok.
    maaf mo tanya lagi dok.
    1. klo cecendet ato ciplukan tu bs ngobati hiper g dok? (sy bc
    digoogle).
    2. misalnya yg tadinya hiper sdah diobati trus jadi hipo org trsbut
    akan mnum obat seumur hdupnya.
    nah yg mau sy tanyakan, apakah jika org tersebut punya anak maka anaknya
    juga akan mempunyai penyakit hiper ato hipo dok? dlm hal ini apakah
    hiper ato hipo dpt diturunkn ke anakny?
    maaf dok sy banyak tanya. klo tidak tanya takutnya sy slh jalan.
    trimakasih dok.

    BalasHapus
  9. Untuk pertanyaan nomer 1, mohon maaf saya tidak tau krnsaya tidak menguasai ilmu herbal. Tapi yang saya tau belum ada bukti klinis yang pernah dilakukan untuk itu.
    Untuk nomer 2, apabila penyebab dari hipertiroid adalah graves disease atau hipotiroid adalah hashimoto disease yang merupakan penyakit autoimun, maka ada kemungkinan untuk diturunkan, tapi tidak selalu dalam bentuk hipertiroid atau hipotiroid. Penyakit autoimun yang lain bosa diturunkan seperti lupus.
    Tapi tidak selalu keturunannya akan memiliki penyakit yang sama.
    Jadi penyakit ini menurun karena sifatnya, bukan karena jenis terapinya.
    Mungkin untuk lebih detil, bisa konsultasi malalui telpon atau datang langsung ke tempat praktek saya.

    BalasHapus
  10. Dok , ibu saya setelah diangkat kelenjar tiroid (dua-duanya) sekarang kekurangan kalsium , dan harus meminum obat seumur hidup , apakah masih bisa diobati?
    apakah ada pengaruh dengan menurunnya berat badan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kekurangan kalsium merupakan salah satu komplikasi dari operasi tiroid, dan sama seperti hormon tiroidnya, kalsium juga perlu
      diminum seumur hidup karena kelenjar paratiroid yang
      menghasilkan hormon paratiroid dan mengatur kadar kalsium dalam darah sudah tidak ada lagi. Kekurangan hormon tiroid dan paratiroid tidak mempengaruhi berat badan.

      Hapus
    2. tambahan dok , mempengaruhi tulang pada tubuh tidak?

      Hapus
    3. Jelas sangat mempengaruhi, karena kalsium ada sumber mineral yg berguna bagi pembentukan tulang. Jika kekurangan kalsium, maka tulang akan keropos dan mudah patah.

      Hapus
  11. Kekurangan kalsium merupakan salah satu komplikasi dari operasi tiroid, dan sama seperti hormon tiroidnya, kalsium juga perlu diminum seumur hidup karena kelenjar paratiroid yang menghasilkan hormon paratiroid dan mengatur kadar kalsium dalam darah sudah tidak ada lagi. Kekurangan hormon tiroid dan paratiroid tidak mempengaruhi berat badan.

    BalasHapus
  12. Dok, ibu saya menderita gejala hipotiroid. Siapa yang harus ditemui ibu saya untuk memastikan kondisinya, spesialis endokrinologi atau cukup dokter umum? Terima kasih atas perhatiannya, Dok.

    BalasHapus
  13. Ada tambahan pertanyaan, Dok. Apakah kedokteran nuklir dapat mendiagnosa hipotiroid?

    BalasHapus
  14. suami saya setelah operasi thyroid, jarak gigi jadi renggang apa itu ada hubunganya dengan kekurangan kalsium,, dan sebulan sebelum therapi nuklir harus stop thyrak lalu bagaimana kondisi saat stop thyrax apakah badan akan lemas.. mohon penjelasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru merespon, memang betul setelah operasi tiroid biasanya akan ada gangguan metabolisme kalsium, sehingga akan mengganggu metabolisme tulang. Tapi tidak sampai merubah komposisi gigi secara dratis.
      Setelah operasi tiroid, akan dilanjutkan oleh terapi ablasi. Dokter SpKN akan meminta kadar tshs yang tinggi, aga obat yang diberikan menjadi lebih optimal penyerapannya. Hal ini dapat dilakukan dgn cara stop minum euthyrox selama 3-4 minggu, dan akan menimbulkan keluhan tdk nyaman bagi psn yg tdk tahan dgn kondisi hipotiroid tsb. Keluhan tsb biasanya seperti lemas, cepat mengantuk dan krg bersemangat. Hal ini sebenarnya bisa diatasi dgn pemberian rhtsh, senyawa buatan yg menyerupai tshs. Tapi harganya mahal dan belum tersedia di Indonesia, baru ada di singapore.

      Hapus
  15. Halo dok, saya pernah hipertiroid di tahun 2006, sudah diablasi dan sudah dinyatakan normal. Pada tahun 2008 saya kontrol, ternyata hasilnya lebih bagus dibanding sebelumnya. Sejak itu saya tidak pernah cek lagi karna tidak ada gejala apapun. Pada saat ini saya sedang hamil anak kembar 3.5 bulan, kemarin cek lab untuk satu keperluan dan ternyata hasilnya T3, T4 normal tetapi TSHsnya tinggi mencapai 36 dan divonis dokter hipotiroid, saya diberikan thyrax 1 x 1/2 tablet dan disuruh kontrol 1 bulan lagi. Dengan hasil lab tersebut apakah ada efek terhadap janin saya dok? Dan apakah penggunaan thyrax boleh dibarengin dengan obat pengencer darah? Mohon penjelasannya dok. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat atas kehamilan anak kembarnya ibu. Pada saat hamil, kadar hormon tiroid harus dalam batas normal. Jika kelebihan atau kekurangan akan membahaykan kondisi janin dan ibunya. Oleh sebab itu, pemantauan kadar hormon tiroid harus dilakukan secara rutin selama kehamilan. Penggunaan obat euthyrox yg mengandung levothyroxin atau hormon tiroid sintetis dapat berinteraksi dgn obat lain, walaupun tidak pasti selalu terjadi. Biasanya obat yg sering berinteraksi dgn obat euthyrox adalah obat pengencer darah, spt heparin, warfarin, dll. Oleh sebab itu penggunaan obat ini secara bersamaan harus berhati2 dan dalam pengawasan dokter.

      Hapus
  16. dok aku seorang wanita yg blm punya anak tp sejak umur 20 mengidap hipertiroid...slalu minum camazol hormonnya normaltp setelas lepas beberapa bln kembali lg...sampai umur aku 26...aku slalu lupa minum obat...kalo gk kambuh obatnya aku stop...tp gk bisa punya anak..skr menurut dok pengobatan apa yg cocok buat aku??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam ibu mei ling, kalau ibu bertanya ke saya spesialis kedokteran nuklir, pastinya saya akan bilang ke ibu, pengobatan iodium radioaktif lah yg sampai saat ini yg terbaik untuk hipertiroid. Bukan hanya efektif, tapi juga AMAN dan (relatif) MURAH. Terapi ini merupakan terapi pilihan pertama dan yang paling sering diberikan oleh dokter di Amerika Serikat, karena terapi iodium radioaktif ini merupakan terapi definitif untuk hipertiroid. Namun, terdapat juga pilihan terapi lain yang bisa diberikan untuk hipertiroid, yaitu obat (spt PTU atau thyrozol) dan operasi.
      Kalau obat, biasanya efektif namun hanya sesaat karena sering kali kambuh, belum lagi risiko untuk alergi dan efek sampingnya. Ini sepertinya sudah dialami oleh ibu mei ling saat ini. Penggunaannya, sebaiknya dievaluasi setelah 2 tahun. Jika sudah tidak be

      Hapus
  17. Dokter 5 bilan lalu saya terserang hipertiroid..saya lg makanin obat hipettiroid..tyrosol.. Apakah kalo saya lagi makan obat rutin.. Saya belom boleh punya anak? Ada yang bilang ntr anaknya bisa kena hipotiroid

    BalasHapus
  18. Dokter 5 bilan lalu saya terserang hipertiroid..saya lg makanin obat hipettiroid..tyrosol.. Apakah kalo saya lagi makan obat rutin.. Saya belom boleh punya anak? Ada yang bilang ntr anaknya bisa kena hipotiroid

    BalasHapus
  19. Dokter 5 bilan lalu saya terserang hipertiroid..saya lg makanin obat hipettiroid..tyrosol.. Apakah kalo saya lagi makan obat rutin.. Saya belom boleh punya anak? Ada yang bilang ntr anaknya bisa kena hipotiroid

    BalasHapus
  20. thanks dl buat respons dok. jujur dok aku gk siap buat operasi karna tkt efek jg gk ada keberanian.aku bkn org yg telaten apalg ttg minum obat...sebelumnya aku ingin dok perjelas apa itu iodium radioaktif??? apa akan pengaruh kerahim saya, jelas aku mengharapkan kehamilan kelak...kami semua keturunan dr ibu..kakak aku ada yg tgl di jogya suaminya dokter jg..pas beberapa bln kmrn kakak sy menjalankan pengobatan...aku gk jelas pengobatan jenis radioaktif ato bkn..aku gk bertanya karna dijelaskan dia kalo pengobatan yg dia jalankan itu membuat tidak bisa hamil lg..jd menurut aku gk akan aku jlnkan..setelah pengobatan dia mengalami komplikasi ke organ lain...sehingga dia di opname...so..dok apakah jenis pengobatan dia adalah radioaktif??? apakah benar dgn sgala efek dr radiaktif?? brarti sangat berbahaya?? tlg jelaskan prosedurnya ttg wkt dan biaya dr radioaktif..sy berada di brunei.kalo perlu aku harus persiapkan dr awal..thanks buat dokter yg bersedia menjawab...malam

    BalasHapus
  21. Terima kasih bu mei ling atas pertanyaannya. Secara umum, semua jenis tindakan medis termasuk pengobatan hipertiroid memiliki risiko untuk terjadi efek samping atau komplikasi. Tapi risiko itu harus dipertimbangkan dengan manfaat/benefit dari tindakan tersebut. Dokter pastinya tidak akan menyarankan suatu tindakan yg risikonya jauh lebih besar dari pada manfaatnya. Pasien pun berhak untuk mendapatkan informasi selengkap2nya mengenai terapi yg akan dilakukan, termasuk pilihan alternatif terapi yang lain.
    Sebagai infornasi, banyak sekali faktor yang mempengaruhi terjadinya kehamilan. Kesulitan hamil atau gangguan kehamilan juga dapat disebabkan oleh banyak faktor. Kita tidak bisa serta merta mengkambibghitamkan radioaktif pada pasien yg diberikan radioaktif dan kesulitan kehamilan. Karena orang yg tdk pernah terapi radioaktif pun bisa sulit hamil. Jadi kalau mau fair, sebelum terapi radioaktif sebaiknya diperiksa kesuburannya dulu. Kalau ternyata dari awal sdh tdk subur yah tidak bisa menyalahkan radioaktif sbg penyebab sulit hamil.
    Terapi radioaktif utk hipertiroid diberikan dalam dosis yg sangat rendah. Terapi ini sudah ada dejak tahun 1940-an. Tidak pernah dilaporkan adanya komplikasi sulit hamil selama ini. Walaupun secara teori, dosis radiasi dalam jumlah yang sangat besar (ratusan kali dosis radiasi untuk hipertiroid) dapat menyebabkan kemandulan dan keganasan, tapi sangat jarang terjadi. Justru, jika hipertiroid tdk terkontrol maka dapat menyebabkan sulit hamil. Efek samping atau komplikasi yg berat dari terapi ini adalah hipotiroid, kebalikannya dari hipertiroid. Tapi jauh lebih mudah mengobati hipo drpd hiper. Kalau ibu memilih terapi ini, dapat segera menghubungi spesialis kedokteran nuklir di Brunei. Sayang saya tidak kenal dokter nuklir di sana. Tapi kalau di Malaysia saya kenal dr. Ali Khaidir.

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih atas saran pak dokter...tp dok sebelum sy mengambil keputusan pengobatan yg mNa akan saya lanjutkan dl itu OAT..tp yg sy minta tlg dok jelaskan..disini kira2 makanan ato pantangan apa agar tidak memperburuk penyakit saya selama konsumsi obat gondok??? ciri2 gondok aku mata membengkak tangan gemetar dan berdebar2....sebenarnya saya perlu mengurangi yodium ato harus memperbanyak???? di web ada pandangan berbeda2 yg pasti perlu itu jawaban dr dktr...harap maklum atas ketidaktahuan ini...thanks dok

      Hapus
  22. Tidak ada pantangan khusus untuk makanan dan minuman, hanya sebaiknya dibatasi garamnya dan makanan tidak sehat lainnya.

    BalasHapus
  23. Pak, bagaimana jika saya ada tiroid nodul dan stelah di cek adalah cold noduk.. apakah harus dioperasi dan dlm jangka waktu tertentu akan dpt berubah menjadi kanker? Saya tau sudah sekitar 3 th & blm ada penanganan khusus krn masi takut... semua dokter yg saya temui menganjurkan operasi pengangkatan sedangkan kalau diangkat akan sulit hamil padahal saya blm menikah.. bagaimana anjuran pak dokter? Terimakasih

    BalasHapus
  24. 15-25 % cold nodule adalah keganasan, dan 95-97% tipenya berdiferensiasi baik, artinya kanker yg kurang agresif dan tumbuh dgn lambat. Makanya pada cold nodule harus dibuktikan kemungkinan adanya kanker, krn walaupun krg agresif, kanker tiroid dapat menyebar dan meningkatkan risiko kematian. Untuk membuktikan adanya kanker bisa dilakukan biopsi, namun masih kurang akurat jika pemeriksaan jaringan dilakukan dgn jalan operasi. Oleh sebab itu dokter akan menyarankan operasi pada psn dg cold nodule.
    Pengobatan cold nodule terdiri dari 3 macam, operasi, ablasi, dan supresi hormon tiroid. Dari pengalaman saya, ketiganya tidak menyebabkan gangguan kesuburan, termasuk pada terapi ablasi dgn radioaktif. Secara teori, dosis radiasi dlm jumlah besar memang bisa mengganggu kesuburan. Tapi dosis radiasi yg diberikan utk terapi ini kecil, dan kecil kemungkinannya bisa menyebabkan gangguan kesuburan. Justru, pd bbrp pasien saya yg dilarang utk hamil selama proses pengobatan, eh malah hamil dan anaknya sehat. Untuk info lebih detil dan lengkap bisa berkonsultasi langsung dgn dokter nuklir.

    BalasHapus
  25. Sebelumnya terimakasih atas responnya dok.. tapi saya mau bertanya lagi.. menurut dokter, manakah yg lebih baik dilakukan.. operasi atau dgn cara yg lain? Kemungkinan mana yg lebih besar untuk dapat sembuh dan bagaimana dgn biayanya? Terimakasih..

    BalasHapus
  26. Lebih baik dipastikan dulu nodulnya padat atau kista, jika kista murni maka bisa dilakukan aspirasi sekalian diperiksakan sitologinya, jika ada keganasan maka harus dioperasi. Jika tdk bisa diobservasi, tapi risiko tinggi untuk kekambuhan. Operasi lebih efektif tapi lebih mahal, saya tidak hafal biayanya, sekitar 20-30jt.

    BalasHapus
  27. Dok... berdasarkan hasil thyroid scan saya pada 2010: tampak kedua lobi membesar dgn distribusi radioaktivitas tidak rata. Tampak pada bag. Lateral tengah lobus kanan kiri dan bagian lateral atas lobus kiri menangkap radioaktivitas kurang. Tiroid uptake 4.1%.
    Dan dari hasil usg jg sepertinya dijelaskan tidak ada cairan shg benjolan tsb adalah padat.
    Pertanyaan saya, apakah bisa disembuhkan dgn terapi radioaktif?
    Atau apakah saya bisa berkonsultasi langsung dgn dokter? Karena kebetulan saya bekerja tidak jauh dari siloam semanggi..
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan ibu, biar diskusi lebih enak. Saya ada setiap hari sampai pukul 17.

      Hapus
  28. dok saya memiliki teman wanita yg berumur 20 th, d'tnggorokan'a trdapat benjolan n kata dokter spesialis dalam itu kista karna dalam'a cair dok, lalu pernah d'sedot hilang tp sekarang tmbul lagi,, dia sering kegerahan, jantung'a pun sering berdebar-debar, berat badan'a pun sekarang turun dokk.. sebaik'a dilakukan pengobatan secara terapi atau oprasi dok.. tolong dijawab dok.. thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan lab utk kadar hormon tiroid dan tshs serta thyroid scan. Bisa jadi ditemukan nodul tiroid otonom, yaitu benjolan tiroid tersebut aktif dan memproduksi hormon tiroid tanpa bisa dikendalikan oleh otak. Drug of choice untuk penyakit tersebut adalah iodium radioaktif, bukan operasi.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  29. sebelum'a terimakasih dok atas jawaban'a. tp saya ingin bertanya lg dok. bila melakukan pngobatan dgn iodium radioaktif apa bisa dia normal kembali dok ? soal biaya'a berapa dok ? dan dampak paling buruk dgn pengobatan iodium radioaktif itu apa saja dok ? thanks dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk nodul tiroid otonom tingkat keberhasilannya cukup tinggi, karena merupakan terapi definitif. Biasanya, dapat kembali normoal setelah 2 - 4 minggu. Tapi secara umum, untuk tindakan medis apapun dokter tidak pernah menjanjikan kesembuhan tapi hanya menjanjikan usaha yang maksimal.
      Untuk biaya, saya tidak terlalu hafal karena bervariasi di setiap rumah sakit. Untuk di tempat saya, biaya obatnya saja sekitar 1.3jt. Dampak paling buruk adalah hipotiroid, kekurangan hormon tiroid, akibat rusaknya seluruh sel tiroid, sehingga tidak ada lagi sel tiroid yang dapat menghasilkan hormon tiroid. Pengobatan hipotiroid lebih mudah daripada hipertiroid. Tapi tidak semua pasien akan mengalami hipotiroid.

      Hapus
  30. maaf dok mau tanya.....sy dulu kena hipertiroid namun skrg jadi hipo setelah makan obat tyrozol 1x1 selama 3 bln.....skrg sy mkn obat thyrax 1x1...udah bener blum pengobatannya dok?makasih sebelumnya dok....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin saja, penyebab hipertiroid dulunya adalah peradangan, jadi setelah peradangannya sembuh dia akan kembali normal atau bahkan hipotiroid, ini yang disebut sebagai Hashimoto Disease. Thyrodi scan dapat membantu membedakan penyebab dari hipertiroid ini. Sabaiknya anda melakukan pemeriksaan hormon tiroid lagi untuk memantau perkembangan dari penyakitnya.

      Hapus
  31. Saya mau tanya mengenai hipotiroid. ..saya sudah puluhan tahun mengkonsumsi obat diet dan saat ini saya baru mendengar istilah hipotiroid dan saya coba googling...dan kebetulan rasanya mendapati gejala yg miriiiip sekali, pertanyaan saya 1. Berapa lama kira2 pengobatan hipotiroid 2.Apakah saat pengobatan hipotiroid dapat memberikan kencenderungan timbangan badan meningkat saat proses pemulihan 4. Apakah hipotiroid itu sangat berbahaya 5. Dengan cara apa saja pengobatan hipotiroid 6. Sebelum saya konsul ke dokter, sekiranya antisipasi (makanan/aktivitas/dll) apa yg harus saya lakukan untuk keseharian saya agar tdk lebih menurun kondisinya, sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk mendiagnosa hipotiroid diperlukan pemeriksaan darah untuk kadar hormon tiroid. Jika memang hipotiroid bisa diobati dengan hormon tiroid. Tapi diperlukan pemeriksaan lain untuk mengetahui penyebab dari hipotiroid, seperti thyroid scan dan antibodi dalm darah.

      Hapus
  32. Dok..perlu saya sampaikan juga bahwa 3 tahun lalu saat hamil dan saya mengalami pre-eklamsi, apakah itu salah satu penyebab karena sebelum hamil saya mengkonsumsi obat diet dan saat hamil saya stop obat diet...apakah ada kecenderungan yg disebabkan oleh hipotiroid tersebut sehingga bisa ber-efek pada kondisi yg pernah saya alami...dan Alhamdulillah anak saya terlahir selamat melalui operasi saat kandungan menginjak usia kehamilan 35 minggu, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kejadian penyakit tiroid ini saya sering temukan setelah proses melahirkan, saya sendiri belum mengetahui secara pasti penyebabnya atau mekanismenya seperti apa. Tapi saya duga karena faktor hormonal. Mengenai obat diet juga saya tidak bisa berkomentar banyak, karena saya tidak mengetahui kandungan obat diet yang ibu minum. Tapi mungkin saja, obat itu bisa menyebabkan hipotiroid.

      Hapus
  33. Sore dr. Saya baru saja menjalani operasi pengangkatan thiroid hasil lab pun keluar dan saya di diagnosa karsinoma papiler thiroid.kemudiana dr. Bedah pun menyarankan untuk dilakukan operasi pengangkatan thiroid yg sebelahnya lagi.yg saya mw tanya dok... apakah harus di operasi lagi.apakah tidak ada cara lain selain operasi?? Thiroid nya kan mash baik2 aja kan dok...??belum terjadi pembengkakan jg..
    Terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  34. Maaf dok, saya mau konsultasi soal hipertiroid, alamat nya dimana dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya praktek di MRCCC Siloam Hospital Semanggi dari senin sampai jumat pukul 08.00-17.00. Telp.021-29962765. Hp.08170807582 (whatsapp available).

      Hapus
  35. Pagi Dok, sy irma stay ϑϊ kalimantan sy wanita 42 thn, ƼƲϑӘȟ hampir 2 thn sy sering gemetar, lemas (low power), palpitasi bila hbs makan, tidak tahan dingin, detak jantung relaks 60/m, tensi rata2 100/80, 2 mgg lalu hasil Lab sy FT4 102,1 pdhl rujukannya 8,6 - 22,6 sedang TSH 0,1 rujukan 0,3-4. Skrg sy minum thyrozol10 2x1, kalsium 2xw dan genfibrosil 1x1. Dl ϑϊ ksh propranolol tp skrg ϑϊ stop.Skrg sy sering merasa pegal2/linu ϑϊ tangan kiri sampai kaki kiri kadang sampai dada kiri , jg kaki kanan sy, kenapa itu Dok? O ιƴаа Dok.. Setelah brp lama nanti rasa gemetaran dan low power itu akan hilang? Sy msh pny anak usia 2 thn, apakah waktu hamil sy ƼƲϑӘȟ kena tiroid Ƴā Dok? Anak sy bisa kena jg Ƴā Dok? Matur Thank You sblmnya Dok

    BalasHapus
  36. Selamat pagi bu Irma, kalau berdasarkan hasil laboratorium yang ibu Irma sampaikan sepertinya ibu sedang dalam kondisi hipertiroid. Penanganan hipertiroid ada 3 jenis, yaitu dengan obat2an (seperti thyrozol), operasi, dan iodium radioaktif. Biasanya di Indonesia, dokter2 untuk penanganan pertama diberikan obat2an, selanjutnya setelah beberapa lama (maksimal 2 tahun) harus dievaluasi kembali penggunaannya. Jika memang tidak berespon harus segera dicarikan alternatif penanganan yang lain yaitu operasi atau iodium radioaktif.
    Hipertiroid ini memang seringkali ditemukan setelah proses persalinan dan belum diketahui penyebab pastinya. Anak yang dilahirkan belum tentu mengalami hipertiroid juga.

    BalasHapus
  37. Sore dok, apabila hipertiroid nilainya ƼƲϑӘȟ turun apakah nanti gejala yang menyertainya jg akan hilang?, seperti ϔаπģ sy tanyakan ϑϊ atas sebelumnya, FT4 sy khan tinggi sekali tapi mengapa detak jantung sy hanya kisaran 60 ϑαπ tensi jg ϑϊ bawah 100/80 Ƴā? Matur thank U sebelumnya...

    BalasHapus
  38. halo dok, saya mau nanya istri saya ud ada benjolan di leher mungkin ud 10 tahun, trus dua tahun yang lalu ada periksa di rumah sakit dokter internis endokrin trus diminta tes darah bahkan sampai biopsi untuk tau ganas atau ngak, ternyata ngak ganas jadi dokternya ngak suruh minum obat apapun, padahal sebelumnya ada minum tyrax atau apa lagi gitu. tapi kita tanya klo mau kempes seperti normal lagi, kata dokternya mesti operasi, ngak mungkin bisa kempes sendiri. pertanyaan saya apakah terapi iodium radioaktif bisa mengecilkan pembengkakkan yang sudah ada? atau dokter juga tetap menyarankan istri saya harus dioperasi kalau mau kembali normal. oh iya usia istri saya sekarang 29 tahun. terima kasih sebelumnya dok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa diberikan radioaktif tapi hanya mengecilkan saja, tidak hilang sama sekali. Dan dengan risiko terjadi hipotiroid, karena rusaknya semua kelenjar tiroid. Tapi tdk semua pasien tjd hipotiroid.

      Hapus
    2. istri saya emang didiaknosa hipotiroid dok. trus emang harus operasi baru bisa hilang sama sekali ya? resiko operasinya besar tidak dok? terima kasih sebelumnya dok.

      Hapus
    3. Kalau hipotiroid, tidak perlu operasi, cukup diobati dgn hormon tiroid.

      Hapus
  39. Pagi dok. Saya Tri.S, didagnosa terkena hipotiroid, berikut hasil lab darah T3 (total) 0.54 ng/ml, T4 (total) 4.3 ug/dl, TSHs 0.81 uIU/ml. Saya diberi obat (tdk tau namanya) rasanya pahit berjam2 unt pagi hari, dan Euthyrox 100ug (levothyroxine sodium) untuk siang hari, masig2 dosis 1x sehari.Apa pemeriksaan saya sdh cukup dgn lab darah atau ada yg lain? Apa obat yg diberikan sdh sesuai? Dokter saya menganjurkan untuk meminum obat tersebut setiap harinya selama 3 sp 4th. Brp lama saya bisa tau klo sdh ada perubahan atas pengobatan yg saya terima? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf baru merespon, kalau hipotiroid sudah cukup dgn pemeriksaan darah tersebut. Tapi perlu dievaluasi respon pengobatan levotiroksin paling tidak 3-6 bulan sekali, selain untuk menyesuaikan dosis, juga dipakai untuk mengevaluasi apakah obat masih diperlukan atau bisa dihentikan.

      Hapus
    2. Setelah kurang lebih 3 Bln saya diberikan pengobatan hipotiroid berupa Euthyrox 100ug dan PTU dosis masing2 1xsehari,hasil lab darah SEMULA T3 (total) 0.54 ng/ml, T4 (total) 4.3 ug/dl, TSHs 0.81 uIU/ml, MENJADI T3 (total) 0.74 ng/ml, T4 (total) 12.8 ug/dl, TSHs 0.06 uIU/ml.
      Kenapa kadar TSHs saya malah jadi turun?
      Dan apakah jenis serta dosis yg diberikan dokter saya sudah sesuai?
      Mohon infonya dok. Makasih



      Hapus
  40. maaf dok saya mau tanya, saya seorang suami umur 34 tahun, saya mengidap penyakit hipertiroid selama 1 tahun, saya sudah berobat ke rs dan alternatif tapi hasilnya nihil, saya sudah putus asa, mungkin dokter bisa membantu saya, saat ini nemjolan di leher saya sudah membesar dan badan saya gemetar. daya takut operasi dok. mungkin daya bisa ke tempat prakter dokter. sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Pangki di Palembang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh pak silahkan, saya praktek di jakarta.

      Hapus
  41. Mf dok saya mnta alamat tempat dokter praktek. dan berapa kisaran biaya yang bukan operasi? terima kasih dok

    BalasHapus
  42. MRCCC siloam hospital semanggi jakarta, harga obatnya sekitar 1.5jt.

    BalasHapus
  43. Dokter saya perempuan berumur 23 tahun saya mengidap hipertiroid dan sudah dioperasi tapi saya harus minum obat seumur hidup, apa tidak ada solusi lain dok?

    BalasHapus
  44. Coba dicek hormon dulu dan thyroid scan.

    BalasHapus
  45. Selamat pagi dok, nama saya Yuliana dan kebetulan saya perawat disaudi Arabia, dulu saya perawat di RS. Sint. Carolus. Sudah sejak lama saya punya tremor dari waktu saya masih duduk dibangku kuliah, dan saya baru mengetahui saya Hyperthyroid sejak 8 tahun lalu, sejak saya mulai kerja disaudi Arabia, mata saya sudah seperti mau keluar, nadi saya juga sangat cepat (130-140), berat badan saya turun sampai 25kg, emosi saya sangat labil, saya tidak dapat tidur dan saat saya hamil tiga kali, saya sama sekali tidak dapat makan dan minum alias Puasa total selama 4 bulan, tapi puji Tuhan semua anak saya normal dan sehat. Lalu karna banyak teman saya protes, saya mudah marah dan melihat perubahan pada fisik saya yang tidak wajar, maka saya melakukan test untuk hormon thyroid saya dan hasilnya sangat tinggi. Lalu atas Saran dokter disini saya melakukan semua test dan saya diberi obat Carbimizasole 40mg perhari. Selama 3tahun saya memakan obat itu dan terus dicek kadar hormon thyroid saya dan puji Tuhan semua kondisi tubuh saya kembali normal. Karna saya bosan dengan obat itu, saya memutuskan untuk tidak melanjutkannya dan setiap 3 bulan saya check hormonya tetap normal. Dan saat ini sejak saya tidak minum obat selama 2 tahun, bulan kemarin setelah saya pulang berlibur kejakarta, saya mengalami penurunan berat badan 9 kg dalam sebulan dan saya juga jadi mudah marah, lalu setelah saya kembali kesini saya check lagi, ternyata hormon thyroid saya tinggi lagi, lalu saya konsultasi dengan dokter dia menyarankan saya untuk melakukan therapy iodine radioaktif. Apakah therapy itu aman untuk saya dok? Dan yang mau saya tanyakan, kencing saya sangat banyak dan saya tidak mampu menahan dengan baik, sampai terkadang saya pipis dicelana, saya check gula darah normal, pertanyaan saya apakah ini ada hubungannya dengan penyakit saya dan muntah yang berlebih pada waktu hamil. Dokter makanan apa yang sebaiknya saya hindari dan yang harus saya makan? Dan nanti saat saya vacation, saya mau bertemu dengan dokter, untuk jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
  46. Selamat pagi dok, nama saya Yuliana dan kebetulan saya perawat disaudi Arabia, dulu saya perawat di RS. Sint. Carolus. Sudah sejak lama saya punya tremor dari waktu saya masih duduk dibangku kuliah, dan saya baru mengetahui saya Hyperthyroid sejak 8 tahun lalu, sejak saya mulai kerja disaudi Arabia, mata saya sudah seperti mau keluar, nadi saya juga sangat cepat (130-140), berat badan saya turun sampai 25kg, emosi saya sangat labil, saya tidak dapat tidur dan saat saya hamil tiga kali, saya sama sekali tidak dapat makan dan minum alias Puasa total selama 4 bulan, tapi puji Tuhan semua anak saya normal dan sehat. Lalu karna banyak teman saya protes, saya mudah marah dan melihat perubahan pada fisik saya yang tidak wajar, maka saya melakukan test untuk hormon thyroid saya dan hasilnya sangat tinggi. Lalu atas Saran dokter disini saya melakukan semua test dan saya diberi obat Carbimizasole 40mg perhari. Selama 3tahun saya memakan obat itu dan terus dicek kadar hormon thyroid saya dan puji Tuhan semua kondisi tubuh saya kembali normal. Karna saya bosan dengan obat itu, saya memutuskan untuk tidak melanjutkannya dan setiap 3 bulan saya check hormonya tetap normal. Dan saat ini sejak saya tidak minum obat selama 2 tahun, bulan kemarin setelah saya pulang berlibur kejakarta, saya mengalami penurunan berat badan 9 kg dalam sebulan dan saya juga jadi mudah marah, lalu setelah saya kembali kesini saya check lagi, ternyata hormon thyroid saya tinggi lagi, lalu saya konsultasi dengan dokter dia menyarankan saya untuk melakukan therapy iodine radioaktif. Apakah therapy itu aman untuk saya dok? Dan yang mau saya tanyakan, kencing saya sangat banyak dan saya tidak mampu menahan dengan baik, sampai terkadang saya pipis dicelana, saya check gula darah normal, pertanyaan saya apakah ini ada hubungannya dengan penyakit saya dan muntah yang berlebih pada waktu hamil. Dokter makanan apa yang sebaiknya saya hindari dan yang harus saya makan? Dan nanti saat saya vacation, saya mau bertemu dengan dokter, untuk jawabannya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Angka kejadian untuk terjadinya kekambuhan pada penderita hipertiroid yang diobati dengan carbimazole memang cukup tinggi. Sedangkan pengobatan dengan radioaktif cukup efektif dan aman. Pengobatan ini sudah diberikan sejak tahun 1940 dan belum ada laporan mengenai efek samping dan keluhan yang berat setelah diobati dengan iodium radioaktif.

      Hapus
  47. Dok, mau tanya nih. Pada tanggal 27 Dec 2013 saya cek ke dokter herbal mengenai leher saya yang agak bengkak seperti gondok. Ternyata beliau bilang saya kena hipotiroid, dan memang gejalanya sama dengan yang saya alami. Saya dikasih obat herbal untuk menaikkan kadar hormon tiroid saya untuk 2 bulan. Setelah obat habis kira-kira seminggu yang lalu, saya merasa gejalanya semakin parah. Apakah karena kadar hormon tiroid saya mendadak anjlok karena tidak ada simultan tiroid lagi? Karena saya merasa sebelum saya mengonsumsi obat itu, kondisi saya tidak begitu parah. Sekarang saya dapat merasa sangat depresi, maag kambuh tiap pagi, tidak bisa tidur, dan badan sangat lemas. Apakah saya harus mengonsumsi obat herbal itu ataukah lebih baik saya periksa ke dokter lagi? Apakah hipotiroid bisa sembuh? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk dilakukan pengobatan lebih lanjut. Sebenarnya, mengobati hipotiroid lebih mudah dari pada mengobati hipertiroid. Obatnya cuma 1, yaitu hormon tiroid. Saya tidak bisa berkomentar soal herbal karena saya bukan ahli herbal.

      Hapus
    2. Dokter Ryan...Selamaat Siang.
      Saya Lina Usia 23 Th.

      Saya Ingin berkonsultasi ke Dokter mengenai keadaan saya.

      Tanggal 11 Maret 2014 Saya melakukan cek Lab dengan Hasil :
      TS3 = 1,40
      TSHs = 1.020
      FT4 = 1,18

      Hasil USG
      Thyroid kanan : 2,2 x 1,7 x 5,3 cm
      Thyroid Kiri : 2,2 x 1,5 x 4,5 cm

      Hasil FNAB :
      Nodul Thyroid, FNA : Benign Follicle Cells Proliferation + Thyroiditis Kronik

      Saya d berikan obat Thyrex selama seminggu.

      Yang Ingin Saya Tanya :
      1.Dokter menyarankan saya untuk melakukan operasi,apa bisa sembuh jika hanya dengan obat saja?
      2.Jika TIDAK melakukan operasi,apakah saya harus mengonsumsi obat seumur hidup?
      3.Berapakah Ukuran Normal Thyroid?
      4.Apakah Saya Termasuk Hipo/Hiper?
      5.Jika saya melakukan operasi pengangkatan,akankah Kelenjar ini tumbuh kembali?

      Terima Kasih Dokter Ryan...

      Hapus
    3. 1. Ibu sepertinya mempunyai penyakit struma multinodosa nontoksik. Pilihan utama pengobatannya memang operasi. Alternatif yang lain adalah thyrax dan radioaktif. Tapi itu juga tidak menjamin dapat sembuh/hilang benjolannya.
      2. Obat tersebut diberikan hanya sementara, sampai dapat dinilai apakah berespon atau tidak dengan obat tersebut.
      3. Ukuran normal kelenjar tiroid sebesar ibu jari, sekitar 20gram.
      4. Ibu termasuk nontoksik, artinya normal tiroid.
      5. Mungkin saja untuk tumbuh kembali.

      Hapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. Terima Kasih Dr.Ryan :D

    Saya mau tanya lagi hahahaa...
    Faktor yg menyebabkan akan tumbuh kembali itu apa ya?

    Apakah Struma terjadi jg karna ada faktor gen ya?
    Jika obat berespon berarti saya harus konsumsi obat seumur hidup?

    BalasHapus
  50. Apakah dengan mengkonsumsi obat anti Tiroid bisa membahayakan ke organ tubuh lain dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, krn obat tersebut dimetabolisme di hati, sehingga bisa memperberat fungsi hati dan mengakibatkan kerusakan hati.

      Hapus
  51. Dok, mohon infonya, apa resiko kehamilan ibu yg hypotyroid?
    sampai saat ini dokter2 kami hanya bilang lebih baik jangan punya anak dulu, ada resiko, tp mereka tidak mau bilang apa resikonya.
    terima kasih sebelumnya dok. (istri saya menderita hypotyroid-hashimoto, konsumsi tyrax terus)

    rakhmat, surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau hipotiroidnya tidak diatasi akan mengakibatkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan janin. Tapi pasien hipotiroid masih bisa hsmil, asalkan kadar hormon seimbang dan stabil. Saya sarankan untuk kontrol rutin dengan endokrinologis.

      Hapus
  52. Dok sy mau tanya klau hasil usg struma nodosa bisa diobatin pakai obat atau harus operasi

    BalasHapus
  53. Dokter Ryan, Selamat pagi dok, anak saya sejak usia 3 bulan sudah mengkonsumsi thyrax karena hipotiroid, sekarang usianya 2 tahun 2 bulan. informasi dari dokter konsumsi thyrax sebaiknya di malam hari dengan waktu yang selalu sama tanpa ada informasi sebelum atau sesudah makan, saya selalu kasih anak saya thyrax setiap jam 7 malam, meski terkadang molor 1/5 jam, pertanyaan saya :

    1. Sebaiknya seperti apa aturan pemberian thyrax tersebut untuk anak-anak?
    2. Sebaiknya tiap berapa bulan cek lab untuk melibat kadar ft4 dan tSHs nya? Selama ini saya lakukan setiap tiga bulan.

    Demikian terima kasih.

    BalasHapus
  54. Kalau saya berprinsip, pemberian euthyrax yg paling baik adalah pada saat perut kosong, dan kondisi perut paling kosong adalah pada saat baru bangun tidur, lalu dilanjutkan kembali puasa selama 1 jam.
    Dosis disesuaikan berdasarkan kadar tshs setelah 1 bulan. Selanjutnya setelah normal bisa dilakukan follow up 6 bulan sekali.

    BalasHapus
  55. Slamat mlm dok,tgl 2des 2013 hasil lab FT 4 sy 2,5 ng/dl dngn nilai rujukan 0,93 - 1,71 ng/dl sy diberi Ptu 3x2 dan propranol 2x1/2 tgl 1april kmarin turun menjadi 0,83 ng/dl dan diberi euthyrax 1x1,apakah kram dan mata berat ditambah dgn pusing ciri hipothyroid

    BalasHapus
  56. Tambahan lg dok kram yg saya rasakan seperti badan habis digosok balsem (perih dan agak dingin)

    BalasHapus
  57. Selamat malam dok, anak saya baru lahir tgl 1 april 2014 dan pada tgl 3 april 2014 dilakukan screening hasilnya dinyatakan hipotiroid, DSA sudah menyatakan bahwa hipotiroid pada bayi di bawah usia 2 bulan bisa disembuhkan dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena dengan obat yg tepat anak bisa tumbuh dengan normal. Oleh karena itu anak saya diminta utk diperiksa lab lagi setelah 2 minggu utk pemeriksaan lebih lanjut apakah nilai TS4 nya meningkat atau tidak. Saya mau tanya pendapat dokter, apakah memang hipotiroid pada bayi benar2 bisa disembuhkan dgn obat? Dan apakah setelah mengkonsumsi obat anak saya akan tumbuh normal? Mohon infonya dok. Terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam. Kejadian anda sama seperti sy. Mohon maaf. Sy ingin menanyakan keadaan anak bapa. Apakah bisa disembuhkan. Mohon bantuannya

      Hapus
  58. sore dok. saya lelaki berumur 35 tahun, 5 bulan lalu saya dinyatakan menderita hiperteroid dengan hasil tes darah T3 5.01, T4 20,05. kemudian saya menkonsumsi obat PTU, PROPRANOLOL, LACTAS CALSICUS selama 5 bulan. Hasil tes darah terakhir T3 3,13 dan T4 0.19. Dan dokter masih menyurruh saya untuk menkonsumsi PTU, PROPRANOLOL, LACTAS CALSICUS ditambah NEO MERKAZOLE. Yang ingin saya tanyakan dok, Apakah sekarang ini saya masih hiperteroid atau sudah Hipoteroid? dan sekarang saya sering mengalami mual dok. apakah mual itu ada hubungan dengan tiroid saya? mohon infonya dok. terima kasih

    BalasHapus
  59. Assalamualaikum dok,saya ibu rumah tangga berusia 39 thn sy pernah menderita hipertiroid tapi setelah minum ptu dan propranolol selama 4 bln setelah saya tes darah dokter mengatakan saya hipotiroid dan saya diberi euthyrox 50 1x1. Dari yang saya baca di internet gejala hipotiroid adalah kebalikan dari hipertiroid tapi yang saya rasa justru sekarang saya lebih banyak berkeringat (tidak tahan panas)dan jantung saya sangat cepat seperti pada gejala penderita hipertiroid,lidah dan bibir saya terasa tebal dan kepala sering sakit. Yang saya ingin tanyakan :
    1. Apa dari yang saya rasakan
    memang gejala hipotiroid
    2. Apakah hipotiroid bisa menjadi
    hipertirod. Jika iya apakah
    penyebabnya dan apa saja yang
    Harus dijaga dan dihindari.
    Saya mohon penjelasannya dok,atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih


    BalasHapus
  60. Mlm dr, anak sy laki2 usia 13th, hsl darah didiagnosa positif hipertiroid (T3=8,71, TSHs=0,08, FT4=2,75). Hsl priksa klinis tangan tremor, mata normal, tdk ada benjolan di leher. Tinggi 175 berat 53kg, kuat makan namun kurus ya dr, suara parau, konsentrasi lemah , gampang lelah. Mhn saran dtr apakah perlu periksa lebih detil sblm tindakan pengobatan? Kmdn jenis pengobatan yg mana dr 3 macam spt yg telah dr jelaskan yg cocok, mengingat usianya yg baru 13? Mhn dibalas dr tks

    BalasHapus

  61. Setelah kurang lebih 3 Bln saya diberikan pengobatan hipotiroid berupa Euthyrox 100ug dan PTU dosis masing2 1xsehari,hasil lab darah SEMULA T3 (total) 0.54 ng/ml, T4 (total) 4.3 ug/dl, TSHs 0.81 uIU/ml, MENJADI T3 (total) 0.74 ng/ml, T4 (total) 12.8 ug/dl, TSHs 0.06 uIU/ml.
    Kenapa kadar TSHs saya malah jadi turun? 
    Dan apakah jenis serta dosis yg diberikan dokter saya sudah sesuai?
    Mohon infonya dok. Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. dok saya sekarang skit hipertherteroit sdhhmpir 3th. dulu seluruh tubuh saya bengkak smua. saya dulu periksa k dokter lalu saya d bri obat tiroid dosis 500. tp dgn minum itu jantung saya gk kuat, kmudian d trunkan dosisnya 250 jga gk kuat smpai d ksihdosis yg pling rendah jga gk kuat dok.

      Hapus
  62. terima ksih dok. mudh2an bisa smbuh normal cek up lg bulan 8

    BalasHapus
  63. dokter.. baru 1 minggu kemarin saya di diapnosa HIPERTIROID. saya sangat takut dok, mata saya bengkak apa bisa mata saya kembali normal dokter? tenggorokan saya sudah ada benjolan, suara saya sudah agak serak.. saya harus bagaimana dokter??

    BalasHapus
  64. dok , setahun yang lalu saya di vonis hyperteroid, setelah 8 bulan diberi OAT saya di vonis hypoteroid, apakah saya bisa sembuh, apakah saya masih bisa hamil?? karna setau saya hormon teroid mepengaruhi kesuburan sel telur, bagaimana cara mengatasinya, sehingga saya bisa cepat hamil???

    BalasHapus
  65. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  66. dok , setahun yang lalu saya di vonis hyperteroid, setelah 8 bulan diberi OAT saya di vonis hypoteroid, apakah saya bisa sembuh, apakah saya masih bisa hamil?? karna setau saya hormon teroid mepengaruhi kesuburan sel telur, bagaimana cara mengatasinya, sehingga saya bisa cepat hamil???

    BalasHapus
  67. dok...sejak tahun 2001 saya dinyatakan hipertiroid. hipertiroid selalu kambuh setelah berhenti minum obat 6-12 bulan. 1 bulan lalu cek TSH hasil < 0,005. pengobatan yang diberi dokter selama ini PTU. apabila terlambat makan saya jadi lemes, tremor dan migrain. 2 tahun ini saya tidak puasa romadhon, karena serasa lemes terus. seandainya saya paksakan berpuasa bagaimana dok?

    BalasHapus
  68. Setelah kurang lebih 3 Bln saya diberikan pengobatan hipotiroid berupa Euthyrox 100ug dan PTU dosis masing2 1xsehari,hasil lab darah SEMULA T3 (total) 0.54 ng/ml, T4 (total) 4.3 ug/dl, TSHs 0.81 uIU/ml, MENJADI T3 (total) 0.74 ng/ml, T4 (total) 12.8 ug/dl, TSHs 0.06 uIU/ml.
    Kenapa kadar TSHs saya malah jadi turun? 
    Dan apakah jenis serta dosis yg diberikan dokter saya sudah sesuai?
    Karena saya sekarang sudah berhenti minum obat selama 2 bulan. Karena saya takut fungsi hati terganggu. Mohon infonya dok. Terima kasih. Tri

    BalasHapus
  69. pak dokter, saya tahun lalu menjalani total tiroidektomi, tumor tiroid saya divonis ganas makanya harus diangkat dua2nya. sekarang saya harus minum tiroksin terus itu apa gak bahaya ya dok? makasih sebelumnya

    BalasHapus
  70. Slmat siang dok, pertengahan bulan juni 2014 lalu, sy periksa lab dan hasilnya adalah :
    FT4 = 0.75 Nilai rujukan 0.82 - 1.51
    TSHs = 18.803 Nilai rujukan 0.27- 4.2, kata dokter ini sudah tidak bisa diobati, harus diangkat, sy bingung dok, apa tidak ada pengobatan selain operasi terhadap penyakit yang sy alami ini?

    BalasHapus
  71. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  72. Tambahan dok, awal pemeriksaan sy diberi obat Euthyrox Levothyroxin 1x1 dan Lansoprazole 1x1 (malam) selamat 5 hari, apa penyakit ini termasuk hipo atau hiper nich dok? Sekarang sudah ada benjolan di leher
    Mohon penjelasannya, Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu termasuk hipotiroid, kalau ada benjolan memang sebaiknya diangkat dulu.

      Hapus
  73. Setelah kurang lebih 3 Bln saya diberikan pengobatan hipotiroid berupa Euthyrox 100ug dan PTU dosis masing2 1xsehari,hasil lab darah SEMULA T3 (total) 0.54 ng/ml, T4 (total) 4.3 ug/dl, TSHs 0.81 uIU/ml, MENJADI T3 (total) 0.74 ng/ml, T4 (total) 12.8 ug/dl, TSHs 0.06 uIU/ml.
    Kenapa kadar TSHs saya malah jadi turun? 
    Dan apakah jenis serta dosis yg diberikan dokter saya sudah sesuai?
    Karena saya sekarang sudah berhenti minum obat selama 2 bulan. Karena saya takut fungsi hati terganggu. Mohon infonya dok. Terima kasih. Tri

    BalasHapus
  74. dok 3 tahun lalu saya periksa lab hasilnya T3=1,7, TSHs=2,2, FT4=1,1. . dokter di rs bilang tidak apa- apa tetapi sekarang muncul benjolan di leher sebelah kanan saya dan cukup besar. itu kenapa ya dok. mohon infonya .Terima kasih

    BalasHapus
  75. Selmt siang dok...
    terma kasih atas jawabannya, namun apa benjolan yang ada di leher ini bisa disembuhkan tanpa operasi?

    Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau jinak, pilihan terakhir dan tidak saya sarankan, adalah dgn iodium radioaktif.

      Hapus
    2. Dok, maksudnya apa itu dok iodiom radioaktif?

      Hapus
  76. Dok....sy ibu hamil usia 32th .usia kandungan sy 8 bln saat ini sy merasa klo pernapasan sy terganggu.ada rasa sesak napas.apa ini jg gejala dr hipertiroid yg dl prnah sy idap. Trmksh dok ..

    BalasHapus
  77. Dok... anak sya skrg brumur 2 thun 7 bln dn mngkomsumsi thyrax krna menglami hipotiroid. Dari umur 6 bln sdh mngkonmsi thyrax dn smpt sya hentikan lama kmudian sya brikan lg pd umur 2 thn 7 bln skrg ini yg saya tnyakan knp pd saat mngkonsumsi thyrax rmbut anak sya menglami krontokan yg bnyk apakh pmberian dosisny tdk tepat. Trimakasih dok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah dikontrol kadar hormon tiroidnya secara rutin?

      Hapus
  78. Dok bagaimana cara pengobatan iodium nuklir ? apakah ada di Padang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iodijm cairan dari garam yg mengandung radiasi dan diminum. Dulu ada di Rs. M Jamil, skrg saya kurang tau.

      Hapus
  79. Dok apakah ada kemungkinan penyakit Lipoma bisa di sembuhkan dengan radoaktif mohon penjelasan nya..?
    ayah saya ada benjolan di punggung kiri dan di dada kiri, dan napaas nya terasa panas di tengorokan terasa ada benjolan bintik bintik kecil seperti jerawat, dan setelah makan napas nya terasa sesak, apakah semu ini pengaruh dari penyakit lipoma atau ada penyakit lain nya..? jawban dokter sangat kami tunggu ... trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lipoma? Itu tumor jinak, biasanya disebabkan oleh lemak yg terjepit di bawah kulit.

      Hapus
  80. Dok, saya mau tanya.
    Saya divonis terkena struma diffusa. Awalnya dokter sp. Penyakit dalam saya menyarankan oprasi, kemudian saya tes darah, hasilnya T4 saya normal,fT3 normal, TSH dibawah normal, kata dokter bedah belum indikasi oprasi. Dan sekarang saya rawat jalan d doktr sp. Pnyakit dalam. Dan keadaan benjolan dileher kadang mengecil kadang membesar kembali.
    Menurut dokter untuk pengobatan yg tepat sperti apa ? Apakah perlu oprasi, jika tdk oprasi apakah bisa sembuh ?
    Dan sebenarnya penyakit yg saya alami apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba dulu dengan obat, kalau tidak berhasil bisa dengan iodium radioaktif.

      Hapus
  81. dok apa ada cara lain selain pengangkatan kelenjar para teroid yang sudah menahun dan mengkroposkan tulang usia 36 th terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf saya tidak menguasai pengobatan paratiroid.

      Hapus
  82. Setelah kurang lebih 3 Bln saya diberikan pengobatan hipotiroid berupa Euthyrox 100ug dan PTU dosis masing2 1xsehari,hasil lab darah SEMULA T3 (total) 0.54 ng/ml, T4 (total) 4.3 ug/dl, TSHs 0.81 uIU/ml, MENJADI T3 (total) 0.74 ng/ml, T4 (total) 12.8 ug/dl, TSHs 0.06 uIU/ml.
    Kenapa kadar TSHs saya malah jadi turun? 
    Dan apakah jenis serta dosis yg diberikan dokter saya sudah sesuai?
    Karena saya sekarang sudah berhenti minum obat selama 2 bulan. Karena saya takut fungsi hati terganggu. Mohon infonya dok. Terima kasih. Tri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, mohon maaf saya tidak menjawab pertanyaan ibu. Sebaiknya ditanyakan langsung kepada dokter yg merawat.

      Hapus
  83. siang dok, saya divonis dokter hypertiroid sejak juni 2014. sampai sekarang masih minum obat thyrozol dan propanolol. sekarang saya merasakan gejala kedinginan, badan saya naik 6 kg. kemaren ukur tensi 90. kurang nafsu makan. trus keluar benjolan di leher yg sebelumnya tak terlihat. apa saya menderita hipotiroid ya dok?

    BalasHapus
  84. malam dok. umur saya 20th. saya di diagnosa Ca thyroid dg nama papillary carsinoma. ukuran benjolannya sdh 2cm lbih dn dokter bedah oncologi menyarankan untuk operasi. awalnya saya berani tpi setelah baca comemt di atas mnjadi agak ragu. sebenarnya efek apa saja yg trjdi pasca operasi dok? apakah nantinya ada kemungkinan timbul/tumbuh lagi pasca operasi? adakah hal" yg hrus d hindari agar benjolan tdk brtambah besar? dan kira" biayanya brp ya dok? terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  85. Selamat sore dr. Ryan,
    Usia saya 29, saya pernah ada benjolan di leher kanan saya dan sudah dioperasi pada awal tahun 2011 (benjolannya sebesar telur ayam yg besar) sebelum saya dioperasi diagnosisnya struma difusa non toxic tetapi setelah benjolan diangkat hasilnya karsinoma folikuler tiroid, itu kanker ya dok ? hasil usg sblm operasi salah satu hormon tiroid saya dibawah normal (saya lupa itu T4,Tsh atau T3) itu berarti saya hipotiroid kan dok ? Pengobatannya apa ya dok untuk hipotiroid saya pernah dengar suntik hormon tiroid untuk penderita hipotiroid kira2 biayanya berapa dan pengobatannya seumur hidup ya ?krna saya mnderita iktiosis yg mmbuat kulit saya kering sekali keriput seperti nenek nenek, saya juga rasanya mudah sekali capek dan sakit, rasanya setiap hari badan meriang tidak enak badan,disaat seperyi itu tubuh saya rasanya panas, Mohon pencerahannya dokter.Terima kasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
  86. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  87. selamat malam. dr Ryan.
    saya hijra wati usia 20 thn.

    saya ingin bertanya sama dokter mengenai keadaan saya.
    telapak tangan dan telapak kaki saya basah atau berkeringat berlebihan
    samapai-sampai keringatnya bisa menetes.

    saya sudah berobat kemana-mana tpi sampai sekarang saya belum mengetahui
    penyakit apa yang saya alami.

    apakah saya juga mengalami penyakit hipertiroid.
    sampai-sampai keringatnya

    BalasHapus
  88. Yth, Dr. Ryan Yudistiro, Sayalaki laki 37 th, baru saja melakukan Uji darah di lab, hasilnya adala Free T3 27.06, dan free T4 7.77 dan TSH 0.01, Pertanyaan saya apakah saya termasuk Hipo atau hiper, dimana leher saya tidak ditemukan benjolan, tapi berat badan saya turun, saya sudah konsultasi kedokter dan saya disarankan minum obat, Thyrozol 10mg 2X1, diazepam 2mg 3x1 dan Propranolol 10 mg 2x1, apakah obat itu sudah sesuai , dan kira kira bisa brapa lama bisa sembuh. Saya minta penjelasnnya. Terimakasih.

    BalasHapus
  89. Dok, saya merupakan salah satu pengidap hyperthyroid. Saya sudah rutin mengkonsumsi PTU selama 11 bulan. Alhamdulillah, beberapa bulan belakangan ini, hasil lab saya menunjukan ft4 dan tsh saya sudah normal. Kata dokter tempat saya berobat, jika dalam 3 bulan lagi hormon thyroid saya tetap normal, saya dapat lepas dari PTU. Pertanyaan saya, apa yg harus saya lakukan ketika saya lepas dari obat? Karena mata saya mengalami pembengkakan akibat hyperthyroid yg saya derita, apakah mata saya dapat kembali normal dok? Apa yg harus saya lakukan agar mata saya dapat kembali normal selain berdoa? Karena ketika saya berobat ke rscm bagian endokrinologi, dokter muda yg menangani saya mengatakan bahwa mata saya tidak dapat kembali seperti semula. Maaf jika saya banyak bertanya, namun jawaban dokter sangat saya harapkan sebagai ilmu yg akan saya gunakan saat ini hingga nanti. Sebelumnya, saya mengucapkan terimakasih.

    BalasHapus
  90. Dok mau tanya. Tante saya mengidap penyakit hipotiroid. Setahun yg lalu itu sudah didiagnosa stadium 2. Terus melalui pengobatan alternatif benjolan dilehrnya nya itu udah mengecil. Sekarang mulai kambuh lagi. Dan sekarang tidak bisa makan dan minum. Tiap kali minum terhambat di tengah2 kerongkongan kemudian dikeluarkan lagi menjadi riak. Tiap kali minum begitu terus. Dibawa ke rs katanya t3 t4 jelek. Itu solusinya gmn ya dok. Terimakasih

    BalasHapus
  91. Hipertiroid maksudnya dok.

    BalasHapus
  92. Selamat siang Dok, saya Dimas,35 tahun, domisili Boyolali.
    Istri saya Ana,33 tahun, 2 bulan terakhir ini mengalami gejala sering mual, pusing, nafsu makan berkurang, jantung berdebar,lemas, gemetar,mudah cemas, mudah panik, tidak tahan dingin, dan sering merasa mau pingsan.
    Setelah cek lab hasil :
    TSHs: 3,76 (rujukan 0,25 - 5,00)
    FT4: 2,01 ( rujukan 0,7 - 1,55)
    Kemudian diberi obat Propylthiouracil 1x100mg.
    Yang ingin saya tanyakan:
    Apakah gejala yg saya sebutkan td dikarenakan hasil FT4 yg diatas rujukan?
    Dan jika nanti FT4 sudah normal apakah gejala2 tadi bisa hilang?
    Kemudian jika terus menggunakan metode pengobatan kira2 berapa lama waktu yg dibutuhkan sampai bisa sembuh?
    Dan apakah benar istri saya belum boleh hamil dulu, karena kami sedang program anak ke-2?

    Terima kasih atas kebaikan Dokter menyediakan sarana untuk berkonsultasi disini.

    BalasHapus
  93. selamat pagi dok, saya haeyanti divonis sub akut tyroiditis sejak november (gejala mulai terasa september tetapi masih sakit ringan disekitar leher), hsl check up bln nov menunjukkan hypertyroid dan radang belum begitu membesar, check up darah desember tsh dan free t4 normal, awal januari check kembali semua normal tetapi dipertengahan januari karena badan terasa sangat lemas saya kembali check darah tsh masih normal tetapi free t4 mulai mengarah ke hypotyroid dan radang semakin membesar, yg menjadi pertanyaan dok
    1. apakah normal jika sampai saat ini saya masih merasakan sakit disekitar leher?
    2. selama ini pengobatan hanya secara oral, dokter yg di kunjungi menyarankan jika dlm bbrp bln kedepan masih radang maka disarankan operasi total, apakah tidak ada cara lain dok?
    3. selama sakit dan dlm tahap pengobatan badan saya selalu lemas, apakah ini normal?
    boleh minta pendapatnya dan terima kasih atas kesediaan dokter menjawab pertanyaan saya

    BalasHapus
  94. Selamat siang dokter, saya Indriana, bulan Oktober 2014 didiagnosa terkena hypotyroid, sudah biopsi dan hasilnya sedimen apus biopsi aspirasi massa tyroid tampak kelompok sel sel epitel folikel mengesankan struma adenomatosa. Saya sudah minum obat eutyrox 1 x 2 tablet. Bulan Februari 2015 saya minta ablasi dengan tujuan agar benjolan di leher kanan saya segera mengecil. Yang ingin saya tanyakan : 1. Apakah dengan minum obat & ablasi benjolan di leher kanan saya bisa mengecil? Karena tampak mata kok benjolan tersebut semakin membesar ya ? 2. Andaikan saya operasi apakah saya akan sembuh total dok, tidak kambuh - kambuh lagi benjolan tersebut ? Demikian dok, kiranya dokter mau menjelaskan keluhan saya. Terima kasih Indriana

    BalasHapus
  95. Selamat siang dokter, saya Indriana, bulan Oktober 2014 didiagnosa terkena hypotyroid, sudah biopsi dan hasilnya sedimen apus biopsi aspirasi massa tyroid tampak kelompok sel sel epitel folikel mengesankan struma adenomatosa. Saya sudah minum obat eutyrox 1 x 2 tablet. Bulan Februari 2015 saya minta ablasi dengan tujuan agar benjolan di leher kanan saya segera mengecil. Yang ingin saya tanyakan : 1. Apakah dengan minum obat & ablasi benjolan di leher kanan saya bisa mengecil? Karena tampak mata kok benjolan tersebut semakin membesar ya ? 2. Andaikan saya operasi apakah saya akan sembuh total dok, tidak kambuh - kambuh lagi benjolan tersebut ? Demikian dok, kiranya dokter mau menjelaskan keluhan saya. Terima kasih Indriana

    BalasHapus
  96. Dok, apakah hipertiroid bisa kmbali normal atau kempes stelah terapi iodium radioaktif???

    BalasHapus
  97. Dok, apa hipotiroid bisa mengarah ke penyakit addison? Mohon penjelasanya ya dok.

    BalasHapus
  98. Dok, mhn bantuannya, anak saya usia 9 th, Dlab, katany defisiensi hormon parateroid dan kortisol.. sedangkan pertumbuhan tinggi bdny memang kurang 10 cm dg teman2ny, kemana saya bisa mengobatkan putra saya dok? Mksh.

    BalasHapus
  99. Dok. Saya sudah operasi. Hasil biopsinya atau uji features of nultifocal papillary carcinoma of thyroid involving both lobes and isthmus noted. Artinya saya gk ngerti dok. Dok, apakah bs tumbuh atau kambuh lagi. Berapa lama bisa keluar kerja dan bawa motor sendiri. Apakah bisa Hamil. Sebelumnya saya keguguran gk, bbrp kemudian baru timbul benjolan di leher. Dok, harus minum obat thyroid seumur hidup ya.

    Dari mariani

    BalasHapus
  100. Selamat siang dok, saya ingin menanyakan adanya benjolan di leher, setelah test FT4 dan TShs, semuanya normal, dan hasil USG sbb: benjolan sebelah kanan: ukuran membesar 5,41 x 3,38 cm, permukaan rata, tampak nodule ukuran 3,79 x 2,27 cm, tampak kista ukkuran 2,85 x 2,12 cm, vaskuler normal. Kiri: ukuran membesar 3,82 x 1,85 cm permukaan rata, tampak nodule ukuran 1,18 cm, tampak kista ukuran 1,33 cm, vaskuler normal, KESIMPULAN: Struma nodusa-cystica bilateral, oleh dokter yg memeriksa saya, tidak memberi obat apapun, hanya disuruh menggunakan garam beryodium dan makan sari laut, pemeriksaan ini sudah sejak 2013, tapi sampai sekarang gondok saya tidak mengecil, juga tidak membesar, hanya sangat mengganggu penampilan, dan saya kawatir kalau nantinya semakin membesar. Yang ingin saya tanyakan, apakah gondok saya ini bisa mengecil dan hilang, bagaimana caranya? atau harus mengkonsumsi obat apa? karena saya bingung banyak ditawari obat herbal yang belum ada kepastiannya. Saya mohon penjelasan pak dokter, terima kasih.

    BalasHapus
  101. Selamat sore dok. Saya menanyakan benjolan di leher sebelah kanan. Kesimpulan struma diffusa thyroid kanan curiga hyerthyroidi(saya tidak paham dengan hasil ini). Hasil T3 163,5 (rujukan 80,0-200,0ng/dl), Hasil T4 11,20 (rujukan 5,10-14,10ug/dl) , hasil TSH-s 0,113 (rujukan 0,27-4,20uIU/ml).
    Saat ini saya minum euthyrox 100ug (1xsehari). Yang ingin saya tanyakan, apakah obat itu harus saya minum selamanya, atau ada solusi lain supaya benjolan bisa hilang.
    Sebelumnya saya pernah operasi di leher karena diagnosis struma.
    Terima kasih dr.Ryan Yudistiro,spkn,mkes

    BalasHapus
  102. Slmat pagi Dok..
    Saya mau tanya, saya sdh d vonis positif hypertiroid, n sdh 6 blnan ini sya konsumsi obat Tyrosol, Propanolol, n Methyl.
    Keadaan lher jg sdh membengkak. Tp dokter yg biasa saya periksa tdk menyarankan utk operasi, dll. Hnya skdar d ksh obat... N periksa tiap bln... Kira2 apa yg hrus sya lakukan Dok?

    BalasHapus
  103. thanks atas infonya, ditunggu artikel yang lainnya

    BalasHapus
  104. Malam dok, apakah untuk penderita hipertiroid pada anak penanganannya sama dengan orang dewasa? Apakah harus minum obat seumur hidupnya?
    Perlu diketahui anak saya perempuan usia 7tahun, hasil labnya FT4 3,51 dan TSH 0,003.. Terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
  105. Malam dok, apakah untuk penderita hipertiroid pada anak penanganannya sama dengan orang dewasa? Apakah harus minum obat seumur hidupnya?
    Perlu diketahui anak saya perempuan usia 7tahun, hasil labnya FT4 3,51 dan TSH 0,003.. Terima kasih atas jawabannya.

    BalasHapus
  106. malam dokter, saya wanita usia 22 thn. pertama didiagnosis hipertiroid dan leher sya membesar, mata sblah kanan jg membesar. stelah minum thyrozol setahun ini skrg saya jd hipotiroid dan obat diganti. kira2 apa bisa leher saya dan mata sya normal kembali kalo kadr tiroidnya jg normal dok? :(

    BalasHapus
  107. Siang dok,
    Saya mau tanya ibu saya berumur 53 thn baru ketahuan kalau terkena hipoteroid sekarang
    Padahal susah beberapa kali melakukan meducal check up 2 tahun belakangan ini.
    Wajah dan tubuhnya juga sudah mengalami tanda2 perubahan namun baru di diagnisa kalau terkena hipoteroid.
    Hasil akhir test teroidnya adalah FT4 = 0.13 (rujukannya 0.82 -1,49)
    TSHs = 77,558 (rujukan 0,27-4,7)
    T3= < 0,25 (rujukan 0,58 - 1,59)
    Kira-kira butuh berapa lama ya dok supaya bisa kembali normal teroid nya ?
    Saat ini mama di rs selalu di berikan suntikan injeksi
    Dan dari hasil mefucal check up juga beberapa organnya sydah mengalami pembengkakan seperti jantung, lever , ginjal nya
    Apakah mama saya bisa sembuh ya dok?
    Berapa lama lagi kira2 dia harus di rawat d rs karena mama saya sudah gak betah d sana?
    Apa saran dokter untuk ini?
    Apakah bisa di bawa rawat jalan saja?
    Mohon infonya dok
    Thanks

    BalasHapus
  108. dr. Kakak saya terjadi bengkak diarea lehe. Sudah diperiksa kemungkinan itu kangker...
    bagaimana pengobatan yg bagus.
    Terus apa resiko minum hormon teroid bagi tubuh untuk jangka pendek maupun panjang.
    Terimakasih

    BalasHapus
  109. Dok, ibu saya umurnya 50th, sudah menopouse, dan tahun 2012 operasi pengangkatan tiroid krn hipotiroid. Setelah operasi pengangkatan itu, kondisi mama saya jadi lemah sekali, sering pingsan, terdapat batu ginjal karena mengonsumsi obat kalsium, dan jadi sering keram. Kira2 dimana pengobatan yang bagus untuk ibu saya, khususnya pengobatan tiroid pasca operasi? Mohon dijawab, terimakasih Dok :)

    BalasHapus
  110. Dok saya di beri obat ethyrox itu buat apa ya dok? Dan bilang saya sulit hamil mohon penjelasan nya dok

    BalasHapus
  111. dok saya mau tanya, saya sudah selesai oprasi untuk mengangkat sebagian kelenjar tiroid saya yang membesar, tapi ternyata hasil laborat menunjukan bahwa saya terkena kanker tiroid varian papiler dan folikuler, dan disarankan untuk melakukan ablasi. apakah setelah saya melakukan ablasi (iodium radioaktif) saya harus mengkonsumsi obat seumur hidup? adakah obat yang tidak harus di konsumsi seumur hidup?, satu lagi dok apakah ikan gabus dapat menyembuhkan kanker saya, jadi saya tidak perlu untuk menjalani ablasi. terimakasih dok,

    BalasHapus
  112. Dok, saya mau tanya.
    Umur sy 28 mau 29 tahun, sy baru saja operasi gondok tgl 25 desember 2015 dan hasilnya ganas primer kmudian sy disuruh operasi lg dok, tp sy masih ragu sebaiknya program hamil anak kedua dulu atau operasi dulu dok?
    Takutnya kalau minum obat seumur hidup ada efek ke janinnya.
    Terimakasih dok.

    BalasHapus
  113. Dok, saya mau tanya.
    Umur sy 28 mau 29 tahun, sy baru saja operasi gondok tgl 25 desember 2015 dan hasilnya ganas primer kmudian sy disuruh operasi lg dok, tp sy masih ragu sebaiknya program hamil anak kedua dulu atau operasi dulu dok?
    Takutnya kalau minum obat seumur hidup ada efek ke janinnya.
    Terimakasih dok.

    BalasHapus
  114. DOK SAYA KHAIRUL PYK SUMBAR. BARU DIOPERASI TYROID 28 JAN 2016. PA NYA GANAS, BAGAIMANA TYROID KANAN BAGUSNYA DOK.DIOPERASI JUGA ATAU ADA SOLUSI LAIN DOK. MAKASI SEBELUMNYA.

    BalasHapus
  115. DOK SAYA KHAIRUL PYK SUMBAR. BARU DIOPERASI TYROID 28 JAN 2016. PA NYA GANAS, BAGAIMANA TYROID KANAN BAGUSNYA DOK.DIOPERASI JUGA ATAU ADA SOLUSI LAIN DOK. MAKASI SEBELUMNYA.

    BalasHapus
  116. Salam. Saya dari Malaysia dan kakak saya mempunyai pembantu rumah warga indonesia yang mengalami hyperthyroid. Kami bercadang untuk menghantarnya ke Indonesia dan membiayai Operasi di sana. Berapakah kos yang di perlukan. Berapakah kos untuk hormon replacement sepanjang hayat? mohon di beri pencerahan. Terima kasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. I am sorry for late response. Untuk cost operasi sangat tergantung dari rumah sakit yag dikunjungi, kelas rawat inap, dan komplikasi yang terjadi setelah operasi. Biaya untuk thyroid hormone, tergantung juga dari dosis yang diminum setiap hari. Kalau tidak salah, informasi terakhir mengenai biaya 1 tablet hormon thyroid sekitar 2,000 IDR.
      Demikian, semoga dapat menjawab pertanyaannya.

      Hapus
    2. Terima kasih Dr Ryan. Sekiranya rawatan di Surabaya, kelas biasa saja. Tak perlu kelas rawat inap yang mewah. Boleh bagi range nya. Adakah 18Juta IDR mencukupi?

      Hapus
  117. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  118. Assalamualaikum dokter Ryan. Anak saya lahir 16.03.2016 dg pjg 43cm Bb 2500gr. lahir dengan Anggota tubuh normal. Tdk ada ciri2 kelainan. Tapi setelah 7hr dokter mengatakan anak sy memiliki ciri2 anak cebol/kerdil. karna pjg kurang ? Sekarang anak sy usianya 1 bln 10 hr dokter blg. semakin terlihat berbeda sehingga dokter merujuk kami ke Rs.Gatot subroto untuk tes darah T4 tsh. Tindakan apa yg harus sy lakukan? Apa kah anak saya bisa sembuh dok.

    BalasHapus
  119. Assalamualaikum dokter Ryan. Anak saya lahir 16.03.2016 dg pjg 43cm Bb 2500gr. lahir dengan Anggota tubuh normal. Tdk ada ciri2 kelainan. Tapi setelah 7hr dokter mengatakan anak sy memiliki ciri2 anak cebol/kerdil. karna pjg kurang ? Sekarang anak sy usianya 1 bln 10 hr dokter blg. semakin terlihat berbeda sehingga dokter merujuk kami ke Rs.Gatot subroto untuk tes darah T4 tsh. Tindakan apa yg harus sy lakukan? Apa kah anak saya bisa sembuh dok.

    BalasHapus
  120. Assalamu'alaikum dokter ryan,,Dok saya mau tanya,, saya juga mengalami hampir sama dgn ciri2 hipertiroid yaitu jantung berdebar,lesu mudah lelah dan berkeringat berlebih serta timbul beberapa tonjolan padat didada,, saya belum check kira2 itu pak dokter hipotiroid tidak???

    BalasHapus
  121. Malam dok,,, d ok saya mengalami gejala seprti tiroid,dan setelh periksa ke poli dan tes darah,hasilny gni t3: 0,69-2,02 .t4 5,0_13,0. Tsh 0,3_8,1. Terus sya dsaranin mengkonsumsi obat. Kira.kira bisa sembuh berapa lama ya dok

    BalasHapus
  122. Hasilny ini dok....t3 0.6 t4 7,5. Tsh 0,1

    BalasHapus
  123. Ibu saya sebelumnya mengalami hiperteroid dan setelah pengobatan skrg menjadi hipoteroid dg teroid 0 koma sekian,sedangkan untuk konsultasi ke dokter sangat sulit krn harus antri hingga bulan agustus,sebaiknya apa yg dilakukan dok?

    BalasHapus
  124. Dok, says menderita hipertiroid tapi sudah hampir setahun ini saja hanya diberi obat thyrozol sebenernya langkah pengobatan ini hanya minum obat dulu nanti akan dilakukan tindakan selanjutnya atau bagaimana?

    BalasHapus
  125. Dok, says menderita hipertiroid tapi sudah hampir setahun ini saja hanya diberi obat thyrozol sebenernya langkah pengobatan ini hanya minum obat dulu nanti akan dilakukan tindakan selanjutnya atau bagaimana?

    BalasHapus
  126. Dok saya penderita hypertiroid dan sedang melakukan pengobatan memakin thyrozol 10 mg dan propanolol 10 mg . Dulu berat badan saya seimbang sekitar 50an sekarang ara gara saya memakan obat itu saya mengalami kenaikan berat badan sampai 15 kg kata dokter katanya itu efek dari thyrozol. Kalo melakukan olahraga apakah akan berakibat ke penyakit sayaatau tidak? Kalo meminum obat pelangsing apakah bahaya atau tidak ke penyakit saya? Dan kalo melakukan diet ketat apkah berhasil kan itu semua pengruh dari obat dok? Tolong jawab dok saya harus bagaiman agar bert badan saya seperti dulu mohon bantuannya dok.

    BalasHapus
  127. Dok, bulan maret 2016 saya operasi tiroidektomi dan sempat kejang. hingga sekarang saya minum euthyrox. memasuki bulan keempat ini kulit saya mulai ruam dan gatal. apakah penyebabnya obat euthyrox tsb. dan bagaimana mengatasi gatal dan ruam?

    BalasHapus
  128. Salam. Dok, mama sy mengidap hipertiroid. Mama sy mengkonsumsi ptu selama 1 thn pd thn 2014. Lalu sdh dinytakan sembuh dgn hasil lab yg memperlihatkan nilai tshs dan ft4 nya normal. Dan sdh berhenti mngkonsumsi ptu. Namun setelah 1 thn kemudian kambuh lagi, dan pengobatan rutin ke rmh sakit di lakukan kmbali dgn mngkonsumsi ptu selama 4 bulan. Lalu mlkukan pmeriksaan lab dan hasilnya normal kmudian pengobtan ptu nya diberhentikan olh dokter yg menangani mama sy. Dan stlh 3 bln kmudian mlkuka pmeriksaan lab dan hasilnya naik lagi. Tshs nya diatas nlai norml dan ft4 nya dibwah nilai normal. Dan stlh sy mmbca blog dr. Sy takut mama sy sdh resisten dgn ptu!!
    Kalau menurut dokter apa gnti metode pngobatannya???
    Terimakasih dok.

    BalasHapus
  129. Salam dok, setahun yg lalu saya pernah operasi tiroid disebelah kanan dok, sebenarmya hormonya normal dok, tidak kelebihan ataupun kekurangan, tapi dokter Yang menangani saya mengatakan bahwa lebih baik tiroid nya di angkat karena kalau gk diangkat katanya bakal menyerang kejantung, benarkah itu dok,,?
    Tapi kenapa ya dok, sampai sekarang tangan saya masih sering gemetaran, apa masih ada masalah dengan tiroid saya dok,,?
    Mohon dijawab dok, terimakasih, 😃

    BalasHapus
  130. Maaf dok,mau nanya ni dolonya g hiperthyroid kin uda 4taon minum obat n ga knel sembuh trus g kesel n buang smua obat stlh 3bln g lab test hasilnya amazing smuanya mnjadi normal,g normal dlm kondisi 3taon lalu g telapak tgn n pergelangan kaki g alergy neurodermatitis yg Susah sembuh stlh k dokter baru ketahuan g hipothyroid...g USA konsumsi euthyrox100 levothyroxine 1taon tp ga knel sembuh Berat bdn trus menaik neurodermatitis g jg mkn parah,apa dok apa Saran yg bgs utk g? Sblumnya Terimakasih byk.

    BalasHapus
  131. Dokter saya tasya saya tekena hypotoroid hashimoto prof sarwono (dokter saya) memberikan saya dosis euthyrax 75 mg
    Tetapi sudah setengah tahun saya belum kontrol lagi tetapi masih mengkonsumsi obat. Apakah dapat berbahaya dok jika saya tetap mengkonsumsi obat tersebut secara berkalanuntuk ginjal saya? Terimakasih dokter

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga hashimoto. Hashimoto itu termasuk autoimun. Dosis saya waktu awal malah 200mcg euthyrox karena tsh yg tinggi, akhirnya dikurangi jadi 100 mcg.
      Setahu saya kontrol harus rutin setiap bulan utk penyesuaian dosis sesuai dg hasil lab t3, t4 dan tsh.
      Tp kalo saya yg terbatas biaya, jd saya atur 3 bulan sekali cek lab. Tp tiap bulan tetep kontrol ke dokter. Usahakan ke dr subspesialis endokrin.
      Karna saya jg baru kena hashimoto. Euthyrax itu bukan saya anggap obat. Tapi hormon pengganti karna memang kita membutuhkannya untuk kelancaran metabolisme sehari hari.
      Teman saya ada yg hashimoto sudah selama 11 thn, akhirnya karna kadar hormonnya terus normal dia stop euthyrox di thn ke 9.
      Jangan menyerah, jangan lupa minum euthyrox nya
      :)

      Hapus
  132. Dr. Saya mw tanya
    1. Kmrin saya fnab tyroid, hasilny colloid nodul dengan fokus hiperplasia tyroid, apakah itu harus d operasi Dr? Klo hrus dioperasi apa ada efek samping pasca op? Ap tidak ad pengaruhi pita suara?
    2. Setelah op ap boleh lgs hamil lgi? Atw hrus jarak bbrp blan post op? Krn saya 2x keguguran krn janin tdk bkembang, dn hamil k3 baby saya mninggal saat dlahirkn

    BalasHapus
  133. Selamat malam dokter,sy penderita hipertiroid selama 10 thn,setiap 6bln cek kelaboratorium prodia,tp hasil TSHs < 0,005 ,,udah 2 kali ganti obat yakni PTU dan tyrozol,tp hasilnya gak ada perubahan,,tolong dokter carikan solusinya obat yang cocok buat saya terimakasih.

    BalasHapus
  134. Selamat malam dokter,sy penderita hipertiroid selama 10 thn,setiap 6bln cek kelaboratorium prodia,tp hasil TSHs < 0,005 ,,udah 2 kali ganti obat yakni PTU dan tyrozol,tp hasilnya gak ada perubahan,,tolong dokter carikan solusinya obat yang cocok buat saya terimakasih.

    BalasHapus
  135. Dok dimana praktek. Saya dari kota Palu. Saran bagus bagaimana?

    BalasHapus
  136. Penyakit saya gondok beracun! Saran bagaimana?

    BalasHapus
  137. Dok, klo kena hypothyroid, ap bisa hamil dan punya anak yg sehat? Caranya gimna ya dok? Mhon dibalas ,tq.

    BalasHapus
  138. Dok saya kena pypertiroid
    T4 saya 22 (3 kali normal)

    Sekarang lagi terapi ptu
    Besok puasa gimana dok
    Khan itu harus diminum 3x2/hari

    BalasHapus
  139. Selamat malam dokter, maaf kalau boleh tahu, praktiknya di RS mana ya...?
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya praktik di MRCCC Siloam Semanggi Jakarta.

      Hapus
  140. Selamat malam dokter, saya punya teman, laki-laki usia 25 tahun, dia mengalami enlarged thyroid, sudah ke dokter spesialis penyakit dalam dan dokter mengatakan tidak ganas dan bisa mengecil namun membutuhkan waktu yang lama, namun selain enlarged thyroid dia tidak mengalami gejala hipertiroid maupun hipotiroid, seperti hair loss, bulging eyes, weight loss dia tidak mengalami tersebut, begitu pula loss eyebrow, puffy face dia juga tidak mengalami. Apakah benar kelenjar tiroidnya akan mengecil seiring berjalannya waktu dok ? Dan dia apakah bisa memiliki anak dan aman jika memiliki anak ?

    Terima Kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin saja, tapi harus dipastikan dahulu kenapa membesar. Kalau karena radang, bisa kembali normal.
      Mengenai keturunan, banyak faktor lain selain hormon tiroid yg menentukan kesuburan seseorang

      Hapus
  141. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  142. Selamat malam dokter,sy penderita hipertiroid selama 10 thn,setiap 6bln cek kelaboratorium prodia,tp hasil TSHs < 0,005 ,,udah 2 kali ganti obat yakni PTU dan tyrozol,tp hasilnya gak ada perubahan,,tolong dokter carikan solusinya obat yang cocok buat saya terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada pilihan pengobatan yang lain, yaitu: 1. Operasi, 2. Ablasi radioaktif. Mengenai pilihan yang cocok untuk Anda bisa didiskusikan dengan dokter yang merawat.

      Hapus
  143. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus