Kamis, 14 Februari 2013

Peranan PET pada demensia (pikun)

Pengukuran metabolisme glukosa (gula) di otak dengan menggunakan PET FDG telah menjadi teknik standard selama 20 tahun belakangan ini. Saat ini ketersediaan kamera PET scan yang telah tersebar luas membuat pemeriksaan PET FDG menjadi pemeriksaan yang rutin dilakukan. Banyak penelitian telah dilakukan yang menemukan korelasi yang kuat antara metabolisme gula di otak dengan fungsi luhur dari otak, seperti berbicara, dan melihat. Penyakit Alzheimer ditandai dengan terganggunya metabolisme gula di beberapa area otak. Dalam suatu penelitian yang dilakukan di banyak senter (10 PET senter) yang menggunakan pengukuran kuantitatif, dalam hal penangkapan FDG di otak, menemukan bahwa nilai sentivitas dan spesifisitas pada penderita Alzheimer mencapai 93%, sedangkan pada penderita yang baru mengalami demensia ringan, nilai sensitivitas dan spesifisitasnya masih tetap tinggi, yaitu 84% dan 93%. Teknik pengukran kuantitatif metabolisme gula di otak ini dilakukan dengan membandingkan antara orang normal dengan penderita. Gangguan metabolisme gula yang sangat signifikan menunjukkan adanya risiko yang tinggi untuk terjadi demensia pada 2 tahun kemudian. Penurunan metabolisme gula di otak ini juga dapat dideteksi dengan PET FDG pada 1 tahun sebelum muncul keluhan gangguan ingatan atau demensia.

(Disadur dari artikel: REVIEW Annals of Nuclear Medicine Vol. 17, No. 2, 79–89, 2003 PET studies in dementia Karl HERHOLZ Neurologische Universitätsklinik and Max-Planck-Institut neurologische Forschung, Germany).

2 komentar:

  1. Hasil pemeriksaan TSHs saya 1,38 sedangkan nilai normal yg tertera adalah 0,4-7,0 uIU/ml
    Saat itu saya opnam karna types dan detak jantung tak beraturan. Dokter menyebutnya tacikardi
    Setelah hasil tea TSHS saya keluar saya langsung boleh rawat jalan. Mohon petunjuk apalah hasil tea TSHs saya perlu ditindak lanjuti. Trims

    BalasHapus
  2. Saya terkena kanker tiroid papiler saya sudah oprasi dua kalo 2008 dan 2014. Thn 2014 saya oprasi pengangkatan total tiroid saat ini saya terapi minum thyrax 1x0,5 sehari. Saya sudah menjalani sinar radioaktif sebanyak 20 kali. Kmrin saya cek t4 dan tsh. T4: 2,96 (nilai rujukan 0,70-1,55 ng/dl) tsh :kurang dari 0.0050 (nilai rujukan 0.35-4,49 ulU/ML) menurut dokter saya,saya tdk perlu ablasi. Tpi saya ingin tahu apa saya sudab sembuh atau blm kanker nya bagaimana cara mengetahuinya? Apakah benar saya tidak perlu ablasi? Trimksh dok

    BalasHapus